Istiqlal Tiadakan Sholat Idul Fitri, Ini Reaksi Anies Baswedan

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 11 Mei 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 338 2409165 istiqlal-tiadakan-sholat-idul-fitri-ini-reaksi-anies-baswedan-qBVRuwXb7N.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi langkah yang diambil Imam Besar Masjid Istiqlal perihal pembatalan menggelar shalat hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. Diketahui Masjid Istiqlal batal menggelar karena kasus aktif Covid-19 di Indonesia khususnya Jakarta masih ada.

"Sikap Istiqlal untuk meniadakan shalat Idul Fitri kami apresiasi," tutur Anies kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Anies menekankan keputusan Istiqlal sebagai masjid raya patut menjadi contoh bagi masjid lain di Jakarta. Sebab, masjid raya biasanya jamaahnya tidak hanya disekitar saja melainkan bisa saja dari daerah yang jauh.

"Sehingga ini bisa jadi contoh bagi (masjid raya) yang lain. Anjuran kami adalah untuk masyarakat shalat di masjid di sekitar rumahnya," paparnya.

Menurut Anies kebijakan yang diambil pengurus Masjid Istiqlal sejalan dengan kebijakan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI melalui instruksi gubernur nomor 5 tahun 2021. Adapun isi instruksi tersebut terkait imbauan masyarakat agar melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah atau disekitar rumah masing-masing.

"Masyarakat jangan berpergian (shalat id jauh dari rumah). Pengelola masjid raya diharapkan tidak secara khusus menyelenggarakan secara besar yang berpotensi terjadi penularan." Pungkasnya.

Sebelumnya, Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar menegaskan bahwa tidak ada shalat Idul Fitri 1442 di Masjid Istiqlal.

"Setelah kami menganalisis perkembangan di internal dan eksternal Istiqlal, maka kami memutuskan di dalam pertemuan rapat kami tadi. Istiqlal kita tutup untuk tidak menyelenggarakan Idul Fitri," kata Nasaruddin di Istiqlal.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini