Larang Ziarah, Wali Kota Tangerang Kunci Gerbang Kuburan saat Lebaran

Isty Maulidya, Okezone · Selasa 11 Mei 2021 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 338 2409227 larang-ziarah-wali-kota-tangerang-kunci-gerbang-kuburan-saat-lebaran-nrniEf8x2E.jpg ilustrasi: Okezone

TANGERANG- Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Pemerintah Kota Tangerang mengeluarkan surat edaran tentang pengendalian aktivitas masyarakat pada masa libur Idul Fitri mendatang. Surat dengan nomor 180/1770-Bag.Hkm/2021 mulai berlaku mulai tanggal 12 Mei hingga 16 Mei 2021.

(Baca juga: Tragis! Istri Tewas dan Tangan Suami Putus Usai Belanja Lebaran di Tangerang)

Salah satu kegiatan yang diatur dalam edaran tersebut adalah tentang larangan kegiatan melakukan ziarah kubur selama periode lebaran. Pemkot juga akan mengunci gerbang-gerbang Tempat Pemakaman Umum (TPU) menyusul adanya aturan kesepakatan larangan berziarah ke makam mulai 11 hingga 16 Mei 2021.

 (Baca juga: Terungkap! Viktor Yeimo Ternyata Punya Hubungan Khusus dengan Veronika Koman)

"Menghindari kerumunan karena kedatangan peziarah dalam waktu yang bersamaan, maka kegiatan ziarah kubur ditiadakan. Terkait mekanisme proses pemakaman, tetap dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan," ujar Wali Kota Tangerang Arief  Wismansyah, Selasa (11/5/2021).

Selain itu, masyarakat diimbau untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah masing - masing. Sedangkan jika harus dilakukan di luar rumah, agar dilakukan di lapangan atau di ruang terbuka setempat serta masjid setempat dengan kapasitas maksimal 50 % dari total kapasitas.

"Memprioritaskan untuk berada di dalam rumah dan tidak melakukan kegiatan saling mengunjungi. Baik dalam wilayah yang sama atau lintas wilayah, baik skala kampung, kelurahan, kecamatan maupun kota," lanjutnya.

Wali Kota menambahkan bahwa adanya aturan ini dimaksudkan agar penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang tidak semakin meluas. Terlebih lagi dalam moment yang menyebabkan kerumunan orang seperti saat kegiatan open house ataupun pelaksanaan salat ied

"Tentu tujuannya untuk mencegah terjadinya penularan virus di masyarakat khususnya di momen Idul Fitri nanti," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini