Gubernur Anies Larang Ziarah Kubur, TPU Pondok Kelapa Tetap Buka

Riezky Maulana, iNews · Rabu 12 Mei 2021 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 338 2409566 gubernur-anies-larang-ziarah-kubur-tpu-pondok-kelapa-tetap-buka-SO6693MCfZ.jpg TPU Pondok Kelapa (foto: MNC Portal/Riezky)

JAKARTA - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa, Jakarta Timur tetap buka. Meskipun Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melarang kegiatan ziarah ke makam atau nyekar pada Hari Raya Idul Fitri.

Pantauan MNC Media di lokasi, beberapa peziarah terlihat hilir mudik di sekitar area pemakaman. Pintu gerbang pun terbuka, akan tetapi tidak terbuka lebar.

Baca juga: Penjelasan Pemkot Tangerang soal Walkot Arief Kunci Gerbang Kuburan saat lebaran

Para pengunjung yang hendak masuk tak ada pengadangan sedikitpun. Pengunjung bebas memarkirkan kendaraannya.

Bilamana liang lahat yang hendak dikinjungi dekat, juru parkir akan mengarahkan untuk parkir di depan saja. Jika sebaliknya, maka mereka dipersilahkan untuk membawa kendaraannya masuk.

Baca juga:  Polisi Terapkan Buka Tutup Jalan Menuju Tempat Wisata Jakarta saat Lebaran

Di bagian depan, seluruh kios yang menjajakan bunga makam juga tetap buka. Merek sibuk memasukan sebagian unga yang telah dipotong itu ke dalam plastik.

Di bagian sisi kanan TPU Pondok Kelapa, terlihat beberapa petugas yang tengah bekerja membersihkan liang lahat. Ada yang mencabut rumput, ada pula yang menyiramkan air segar.

Salah satu juru parkir yang enggan disebutkan namanya menjelaskan bahwasanya peziarah memang sudah mendatangi lokasi sejak pagi hari. Akan tetapi, jumlahnya memang tak banyak.

"Buat pelayanan mah buka. Ini dari pagi juga udah dateng. Tapi ya emang sedikit, enggak kayak sebelum-sebelumnya," tuturnya saat ditemui di lokasi, Rabu (12/5/2021) sore.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang kegiatan ziarah ke makam atau nyekar pada Hari Raya Idul Fitri . Seluruh pemakaman di Jabodetabek bakal ditutup 12 sampai 16 Mei 2021.

"Kegiatan ziarah kubur ditiadakan mulai 12 Mei sampai dengan hari Minggu 16 Mei 2021. Seluruh pemakaman di Jabodetabek akan ditutup, tetapi untuk pemakaman tetap berjalan, nanti diatur oleh dinas yang mengelola pemakaman," kata Anies seusai rapat Forkopimda DKI, Senin (10/5/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini