Share

1.024 Personel Gabungan Bakal Amankan 20 Titik di Malam Takbiran

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 12 Mei 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 338 2409595 1-024-personel-gabungan-bakal-amankan-20-titik-di-malam-takbiran-vS5I7w62vn.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen M. Fadil Imran menyebut ada 1.024 personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemda dalam melakukan pengamanan di malam Idul Fitri 2021 atau takbiran.

Fadil menyebut, ribuan personel itu bakal disebar untuk melakukan pengamanan malam takbir di 20 titik. Diantaranya adalah, jalan utama dan beberapa titik sentra perekonomian masyarakat.

"Terdapat 1.024 personel yang terbagi di 20 titik pengamanan," kata Fadil dalam amanat apel gabungan di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Polda Metro dan Kodam Jaya Gelar Apel Patroli Skala Besar Pengamanan Malam Takbiran

Dalam melakukan pengamanan, Fadil mengungkapkan bahwa ada dua cara bertindak yang bakal diterapkan. Strategi itu berdasarkan situasi di lapangan dan diatur pada jam-jam yang berbeda.

"Ada dua cara bertindak yang akan kami laksanakan dan kami lakukan secara fleksibel sesuai dengan dinamika dilapangan," ujar Fadil.

Baca juga:  Kisah Ki Ageng Selo Menangkap Petir

Cara bertindak pertama pada pukul 18.00 hingga 22.00 WIB, petugas bakal melakukan pola filterisasi kendaraan di jalanan. Apabila ditemukan warga yang berniat takbir keliling maka akan diminta kembali ke rumah masing-masing.

"Dimana apabila kami menemukan kendaraan yang hendak melaksanakan takbir keliling diberikan pengarahan diberikan edukasi, dan diarahkan untuk kembali kerumah masing-masing," ucap Fadil.

Kemudian, cara bertindak kedua mulai pukul 22.00 WIB. Pssalnya, polisi bakal menerapkan konsep Crowd Free Night. Sehingga, seluruh masyarakat yang tidak memiliki kepentingan dilarang untuk melintas.

"Strategi kedua adalah mulai pukul 22.00 wib dengan menerapkan konsep Crowd Free Night, semua yang tidak ada kepentingan di jalan, dan tidak dapat menunjukan alasan yang tepat dan dapat timbulkan kerumunan. Maka langsung ditindak untuk kembali ke rumah masing-masing," kata Fadil.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini