Share

Warga Bogor Tetap Ziarah Kubur meski Dilarang

Wildan Hidayat, iNews · Jum'at 14 Mei 2021 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 338 2410085 warga-bogor-tetap-ziarah-kubur-meski-dilarang-iQPxZZZdeO.jpg Ziarah kubur warga Bogor.(Foto:tangkapan layar)

BOGOR - Ziarah kubur merupakan tradisi masyarakat setiap memasuki Hari Raya Idul Fitri, dengan tujuan untuk mendoakan keluarga dan kerabat mereka yang telah meninggalkan dunia lebih dahulu.

Meski Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor bahkan Gubernur DKI Anis Baswedan telah membuat surat keputusan bersama soal larangan untuk mengunjungi tempat pemakaman umum dan berziarah karena saat ini masih dalam pandemi Covid 19, namun masyarakat tetap berziarah.

Pada hari kedua Lebaran di TPU Cimandala Kecamaran Sukaraja, Kabupaten Bogor, serta di sejumlah tempat pemakaman umum lainya seperti TPU Dereded dan TPU Belender Kota Bogor, sejumlah peziarah dari berbagai daerah masih tetap mendatangi lokasi pemakaman umum.

Baca Juga: Ingat! Pemkot Bekasi Larang Warga Ziarah Kubur Selama Idul Fitri

Bintang, salah seorang peziarah yang mengunjungi makam keluarganya di TPU Cimandala Kecamatan Sukaraja, mengaku tradisi menurutnya sudah dilakukan turun temurun sudah sebelum masa pandemi.

"Ziarah kubur tujuannya untuk mendoakan sanak keluarga yang sudah tiada. Kami selalu waspada, dengan tetap mematuhi protpkol kesehatan," ujar Bintang.

Sementara itu pengelola TPU Cimandala, Omang mengatakan,TPU Cimandala mewajibkan kepada peziarah melaksanakan protokol kesehatan.

"Kami sudah mengikuti anjuran pemerintah, namun masyarakat semakin hari terus berdatangan," ujarnya.

(saz)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini