Paksa Masuk ke TPU Tegal Alur, Peziarah Dibubarkan Polisi

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 14 Mei 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 338 2410160 paksa-masuk-ke-tpu-tegal-alur-peziarah-dibubarkan-polisi-nx9WPzM1pO.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

JAKARTA - Aparat kepolisian membubarkan warga yang memaksa masuk ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat. Sedianya mereka ingin melakukan ziarah kubur yang menjadi tradisi tiap Hari Raya Idul Fitri.

Namun, Pemerintah Provinsi DKI sudah mengeluarkan surat edaran sejumlah TPU ditutup sementara dari aktivitas ziarah demi mencegah penularan virus corona. Karena itulah, aparat kepolisian tidak mengizinkan aktivitas tersebut.

"(Iya) dibubarin, kan memang ndak boleh," kata Kapolsek Kalideres, Kompol Slamet Riyadi kepada MNC, Jumat (14/5/2021).

Warga yang berziarah di TPU Tegal Alur memang membeludak pada hari ini. Tak ayal, sempat terjadi kericuhan di depan pagar kompleks pemakaman karena peziarah diduga hendak memaksa masuk ke dalam. Insiden itu terekam dalam video yang viral di medsos.

"Orang pada mau masuk kita larang. Karena mereka banyak orang dari luar, rata-rata yang dimakamin Covid itu kan orang dari luar, rata-rata yang dimakamin Covid itu kan dari seluruh DKI, udah ngumpul mau masuk kita larang gak boleh. Ini ada larangan dari SE Gubernur," tutur Slamet.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI menutup sementara TPU untuk aktivitas ziarah kubur pada libur lebaran. Penutupan dilakukan mulai 12 Mei hingga 16 Mei 2021. Di Jakarta Barat ada 11 TPU yang ditutup.

Baca Juga : Kericuhan di TPU Tegal Alur Jakarta Barat Berhenti Setelah Petugas Izin Peziarah dengan Prokes

Kesebelasnya antara lain TPU Duri Kepa, TPU Basmol, TPU Al Kamal Kepa Duri, TPU Tegal Alur unit Kristen dan unit Islam, TPU Grogol Kemanggisan, TPU Kapuk, TPU Semanan, TPU Joglo, TPU Utan Jati, TPU Sukabumi Selatan dan TPU Kamal.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini