Lebaran Kedua, PT KCI tambah 6 Gerbong Antisipasi Lonjakan Penumpang

Felldy Utama, iNews · Jum'at 14 Mei 2021 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 338 2410191 lebaran-kedua-pt-kci-tambah-6-gerbong-antisipasi-lonjakan-penumpang-LrRCYXugPN.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menambah 6 rangkaian gerbong kereta yang mulai beroperasi hari ini, Jumat (14/5/2021). Penambahan ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait antisipasi lonjakan jumlah penumpang.

"KAI Commuter terus melakukan antisipasi layanan KRL Jabodetabek pada masa libur lebaran ini. Antisipasi lebih lanjut juga dilakukan sesuai hasil dari kunjungan Bapak Menteri Perhubungan ke Stasiun Manggarai pada Jumat pagi (14/5) ini," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan tertulisnya.

Anne menyampaikan bahwa selama masa lebaran, KAI Commuter beroperasi terbatas dengan jam operasional 04:00 - 20:00 WIB setiap harinya. Dalam hal ini, KCI juga telah menjalankan 886 perjalanan KRL.

"Untuk antisipasi kepadatan lebih lanjut, KAI Commuter mulai siang ini akan mengoperasikan setidaknya enam jadwal perjalanan kereta tambahan yang sebelumnya selama masa larangan mudik 6-17 Mei tidak dijalankan," ujarnya.

Adapun, upaya penegakkan protokol kesehatan Covid-19, kata dia, petugas akan tegas mengatur penggunaan masker sesuai aturan dan mengupayakan jaga jarak diantara para pengguna.

"Penambahan petugas untuk menertibkan protokol kesehatan juga akan dilakukan di sejumlah stasiun yang berpotensi padat antara lain Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Bogor, serta Stasiun Bekasi," tutur dia.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya Jumat pagi tadi, Menhub Budi Karya Sumadi telah menegur PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) lantaran masih melihat terjadinya penumpukan penumpang di stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Dia menyebut pengelolaan PT KCI tidak profesional.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini