Ketika JPO hingga Monas Nyalakan Lampu Bernuansa Bendera Palestina

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 15 Mei 2021 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 15 338 2410604 ketika-jpo-hingga-monas-nyalakan-lampu-bernuansa-bendera-palestina-mXBZhvxYbW.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Dukungan bangsa Indonesia untuk Palestina kembali digaungkan setelah Israel kembali menggencarkan agresinya ke Jalur Gaza, Palestina.

Kali ini, Pemprov DKI Jakarta menyalakan lampu di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) hingga lampu Monas bernuansa Bendera Palestina dengan hijau, merah, hitam, hingga putih.

JPO yang menyalakan lampu dengan warga bendera Palestina tersebut berlangsung di JPO Senen, pada Sabtu (15/5/2021) malam. Kemudian, lampu bernuansa Bendera Palestina juga dinyalakan di Monas, dan Bundaran Hotel Indonesia (HI)

Kemerlap suasana di JPO Senen, Monas, hingga Bundaran HI itu pun seakan memberikan dukungan dan solidaritas warga DKI Jakarta yang mengutuk serangan zionis Israel ke Palestina.

Baca juga: Presiden Jokowi : Agresi Israel ke Palestina Harus Dihentikan

Sebelumnya, dukungan kepada Palestina juga disuarakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia mengajak masyarakat Indonesia mendoakan bangsa Palestina saat merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Ini adalah ajakan pada semua mari kita doakan pada saudara kita di Palestina, diberikan kekuatan, ketabahan dalam melewati masa yang tidak mudah ini," kata Anies kepada Antara usai ibadah Shalat Ied di rumah pribadinya kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis 12 Mei 2021.

Menurut dia, bangsa Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk mendukung perjuangan warga Palestina agar terbebaskan dari segala tindakan penjajahan.

Baca juga: PBB Akui Al-Aqsa Situs Suci Umat Islam, Perindo: Serangan Israel ke Palestina Pelanggaran Berat

Ia pun mengutip pernyataan Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1962 yang menyatakan bahwa Indonesia tidak akan pernah berhenti menentang penjajahan di tanah Palestina.

"Ini yang sekarang kita harus jaga pesan dari proklamator kita untuk bangsa Indonesia," ujar Anies.

Orang nomor satu di DKI Jakarta itu juga mengapresiasi ketegasan Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi yang menegaskan sikap kepada Palestina. "Saya apresiasi 'statement' presiden (Joko Widodo) dan Menlu (Retno Marsudi) yang menunjukkan sikap tegas atas peristiwa yang terjadi pada banga Palestina," tutur Anies.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini