Ditegur Anies, Dirut Tutup Sementara Kawasan Ancol

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 15 Mei 2021 23:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 15 338 2410606 ditegur-anies-dirut-tutup-sementara-kawasan-ancol-L8XtPr6Hsg.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Manajemen Taman Impian Jaya Ancol mendapat teguran dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lantaran kurang mematuhi protokol kesehatan. Di mana, terjadi kerumunan pengunjung pada libur Lebaran Idul Fitri 1442 H, Jumat 14 Mei 2021. 

Dirut Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengatakan pihaknya akan menutup sementara kawasan wisata Ancol setelah banyaknya warga yang berlibur di tengah pandemi Covid-19 yang belum dapat dikendalikan. Penutupan dilakukan pada 16-17 Mei, dan akan dibuka kembali pada 18 Mei.

"Ini (penutupan Ancol) merupakan tindak lanjut dari teguran Pak Gubernur. Diinstruksikan untuk langsung tutup pantai. Kami langsung bertindak sejalan dengan upaya Pemprov DKI untuk menekan potensi penyebaran virus Covid-19," kata Sahir dalam keterangannya, Sabtu (15/5/2021).

Saat ini, kapasitas Ancol adalah 192 ribu pengunjung, dan ketentuan Pemprov selama masa liburan boleh menerima pengunjung maksimal 30% dari kapasitas. Artinya, jumlah 28 ribu pengunjung kemarin masih di bawah kapasitas 30% Ancol.

Nantinya, penutupan ini dimanfaatkan pihak Taman Impian Jaya Ancol untuk melakukan penguatan penerapan protokol kesehatan di seluruh kawasan, antara lain di antaranya penyemprotan disinfektan di seluruh area vital rekreasi (pantai, jalan, promenade, toilet, loket gerbang, tenant-tenant restoran dan unit-unit rekreasi di dalamnya.

Baca juga: Wisata Ancol, TMII dan Ragunan Ditutup hingga 17 Mei

Kemudian, penambahan signage dan tali pembatas pelarangan berenang di area pantai. Penambahan tali pembatas untuk social distancing di area promenade.

"Kami akan melakukan disinfeksi ke seluruh area dan evaluasi penguatan penerapan protokol kesehatan di seluruh kawasan, upaya tersebut kami lakukan juga dalam rangka meningkatkan penerapan protokol kesehatan, kebersihan, dan kenyamanan di seluruh area Taman Impian Jaya Ancol," tambahnya.

Baca juga: Gagal Berlibur ke Ancol, Keluarga Ini Pilih "Piknik" di Pinggir Jalan

Sahir menyampaikan permohonan maafnya kepada pengunjung Ancol atas ketidaknyamanan dalam penutupan destinasi wisata di pesisir Ibu Kota itu.

"Pengunjung dapat bersama-sama menjaga seluruh protokol kesehatan agar dapat dijalankan secara disiplin demi kesehatan bersama, Kepada pengunjung yang telah melakukan pembelian tiket secara online dapat melakukan penjadwalan ulang kunjungan melalui https://reservasi.ancol.com yang berlaku untuk 2 kali sampai Desember 2021 atau melakukan refund tiket melalui https://goers.co/francol15mei," tandasnya. (fkh)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini