Operasi Ketupat Jaya Tak Diperpanjang, Polisi: Pemeriksaan Swab Antigen Diperketat

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 16 Mei 2021 02:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 338 2410637 operasi-ketupat-jaya-tak-diperpanjang-polisi-pemeriksaan-swab-antigen-diperketat-rlYoZaa6BC.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Polda Metro Jaya tak memperpanjang Operasi Ketupat Jaya 2021 yang bertugas melakukan penyekatan dalam larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pada 6-17 Mei 2021.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono mengatakan bahwa pihaknya akan tetap bersiaga di pos penyekatan dan pos check point hingga 25 Mei 2021 mendatang.

Petugas akan melakukan pemeriksaan surat bebas Covid-19 atau melakukan swab antigen kepada pemudik yang hendak kembali. Program ini dinamai Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan alias KRYD.

"Nggak (diperpanjang), hanya akan di lakukan Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan. Ya (Operasi Ketupat selesai 17 Mei). Dilanjutkan dengan program pengetatan tes swab antigen hingga tanggal 25," kata Istiono saat dikonfirmasi MNC Portal, Minggu (16/5/2021).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus memastikan tidak akan ada pemudik yang lolos dari pemeriksaan surat bebas Covid-19 ini. Polisi menggunakan dua skenario untuk mengantisipasi penyebaran virus pasca mudik.

Baca juga: 4.276 Personel Polisi Dikerahkan dalam Operasi Ketupat Jaya 2021

Pertama, petugas di wilayah hukum Polda Metro Jaya menyiapkan 12 posko pemeriksaan surat bebas Covid-19 bagi pemudik yang hendak masuk ke Jakarta.

Posko tersebut antara lain di Parking Bay KM 34B Cibatu Tol Cikampek arah Jakarta, Terimal Pulogebang, Terminal Kalideres, Jatiuwung, Kebon Nanas, Kantor Dishub Batuceper, Jalan Rengas-Lemahabang, Jalan Raya Parung Ciputat Bojong Sari, Jalan Raya Bogor (SPBU Cilangkap), Pos Sasak Jarang, Pos Tomyang, dan Jalan Gatot Subroto Bitung.

Baca juga: Polisi Dirikan 15 Pos Pengamanan Lebaran di Jaksel, Ini Rinciannya

"Wajib membawa swab antigen dari daerah asal pada saat masuk ke perbatasan Jakarta wilayah hukum Polda Metro Jaya. Ini akan diperiksa. Kalau tidak (membawa), kita akan random tes mereka," kata Yusri

Jika ada pemudik yang lolos pemeriksaan di posko, pihaknya bekerja sama dengan perangkat RT/RW akan mengecek surat bebas Covid-19 ke rumah para pemudik tersebut. Perangkat RT/RW tersebut sudah mendata warganya yang mudik.

"Kalau memang sudah punya surat, enggak dites. Atau sudah dicek di perbatasan, enggak dites (lagi). Tapi kalau yang enggak (punya surat), kita akan swab antigen, door to door, ini bentuk untuk menekan penularan Covid-19 di Jakarta," pungkasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini