Hujan Deras, Rumah Warga di Cigudeg Bogor Rusak Diterjang Banjir

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 18 Mei 2021 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 338 2411535 hujan-deras-rumah-warga-di-cigudeg-bogor-rusak-diterjang-banjir-x6mofjAUqt.jpg Foto: Istimewa

BOGOR – Hujan deras mengakibatkan sejumlah rumah di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor rusak diterjang banjir. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini.

Camat Cigudeg Pardi mengatakan, banjir tersebut terjadi saat hujan deras yang mengguyur wilayahnya pada Senin 17 Mei 2021 malam. Kali Cidanger yang melintasi tiga desa pun meluap ke permukiman.

"Hujan mulai Magrib sampai sekitar habis Isya. Sehingga luapan air melimpah dan sekitar jam 10 sudah surut dan memang limpasan air itu cukup tinggi sempet menggenangi perkampungan," kata Pardi, dikonfirmasi wartawan, Selasa (18/5/2021).

Ketiga desa itu yakni Desa Tegalega, Desa Rengasjajar dan Desa Batujajar. Total ada 9 rumah warga dan satu jembatan yang rusak akibat banjir.

Baca juga: Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Jaksel Tergenang

"Kita ada tiga desa dilalui sungai itu Tegalega, Rengasjajarn dan Batujajar. Kalau di Tegalega laporan sementara ada 7 rumah rusak, di Rengasjajar ada 1 rumah dan batu jajar 1 rumah. Lainnya di Rengasjajar ada TPT jebol atau roboh sekitar 3 meter. Terus juga jembatan antar kampung di Batujajar itu terbawa air. Belum kerusakan-kerusakan kecil ya," jelasnya.

Warga bersama tim SAR sejak semalam sudah bahu-membahu membersihkan sisa banjir. Beruntung tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian ini.

"Dalam waktu sekitar 2 jam sudah surut. Jadi lewat aja, kebetulan konturnya miring jadi cepet surut. Dari kecamatan, BPBD dan lain-lain semua turun. Memang kalau di media sosial video-videonya kelihatan cukup parah. Alhamdulillah gak ada korban," ungkap Pardi.

Baca juga: Sungai Deli meluap, Banjir Dua Meter Rendam Rumah Warga

Terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko mengatakan hujan deras semalam menyebabkan tiga titik banjir di Kecamatan Cigudeg, Rumpin dan Parung Panjang.

"Yang di wilayah Cigudeg ada 198 KK dengan 657 jiwa terdampak dan 172 jiwa mengungsi. Di Rumpin, 24 rumah dengan 28 KK terdampak dan di Parung Panjang tidak ada pemukiman terdampak," ucap Aris.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini