Cegah Penyebaran Covid-19, Polda Metro Gelar Swab untuk Warga Kalibata yang Mudik

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 18 Mei 2021 21:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 338 2411997 cegah-penyebaran-covid-19-polda-metro-gelar-swab-untuk-warga-kalibata-yang-mudik-IcjIxlbuOo.jpg Warga Kalibata saat di swab antigen usai pulang mudik (foto: istimewa)

JAKARTA - Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya melalui Kampung Tangguh Jaya memperkuat 3T (Tracing, Testing, dan Treatment) terhadap warga Kalibata, Jakarta Selatan, yang ketika Lebaran nekat melakukan mudik.

Dir Krimsus Polda Metro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis menjelaskan, 3T tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 terhadap warga yang dari kampung halaman. Salah satunya adalah dengan melakukan tes Swab Antigen terhadap mereka yang nekat mudik ketika itu.

“Jadi dengan cara kamu testing lakukan Swab Antigen kami lakukan ke masyarakat yang baru kembali ke kampungnya kembali lagi ke Jakarta,” kata Auliansyah di pos Swab Antigen di SDN Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Selasa (18/5/2021).

Baca juga:   Larangan Mudik Berakhir, 12 Ribu Penumpang Naik Kereta Tinggalkan Jakarta

Auliansyah mengatakan, untuk memutus mata rantai virus corona, pihaknya melakukan jemput bola kepada warga. Setidaknya ada lima wilayah yang masuk dalam program Kampung Tangguh Jaya di bawah Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya.

“Kami lakukan di setiap Kampung Tangguh Jaya kami lakukan Swab seperti ini kegiatan seperti ini, gratis, tidak dipungut biaya apapun” ujar Auliansyah.

Baca juga:  Balik Kampung, Pemudik Didatangi Pocong Langsung Diswab Antigen

Dari pencatatan, sebanyak 50 hingga 70 warga yang mudik telah dilakukan Swab Antigen. Hasilnya, hingga saat ini belum ditemukan ada warga pulang mudik yang dinyatakan reaktif Covid-19.

“Dari jumlah itu kami belum dapat laporan yang positif,” ucap Auliansyah.

Lulusan Akpol 1994 ini menambahkan, warga yang pulang mudik ada yang juga menyertakan surat bebas Covid-19 sekembalinya dari kampung ke Jakarta.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini