Share

Wajah Baru Waduk Brigif untuk Mencegah Banjir Jakarta

Bima Setiyadi, MNC Portal · Rabu 19 Mei 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 338 2412421 wajah-baru-waduk-brigif-untuk-mencegah-banjir-jakarta-RxYqobZs0x.jpg Waduk Brigif (Foto: Instagram dinas_SDA)

JAKARTA - Banjir di Jakarta masih terus menghantui warga. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun terus berupaya mencari solusi.

Melalui project baru Dinas Sumber Daya Air yaitu 942-DV. DKI berupaya mengatasi dampak dari musim hujan.

Baca Juga:  Diguyur Hujan Deras, Kabupaten Kudus Kebanjiran hingga Longsor

Adapun 942-DV Projects adalah kegiatan super prioritas Dinas Sumber Daya Air yaitu

1. Pembangunan dan rehabilitasi 9 polder;

2. Pembangunan 4 waduk;

3. Revitalisasi 2 Kali dan

4. Peningkatan sistem drainase vertikal

"Salah satu wilayah pembangunan 4 waduk tersebut yakni pembangunan Waduk Brigif," tulis akun Instagram @dinas_sda dikutip Rabu (19/5/2021).

Waduk Brigif yang berada di Kelurahan Cempedak Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan berkontribusi terhadap pengendalian banjir pada daerah di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Krukut. Waduk Brigif dibangun di atas lahan seluas ±10 Ha dengan kapasitas waduk 381.000 m3 berpotensi mereduksi debit banjir sebesar 29%.

Dalam video yang dibagikan, terdapat tayangan desain Waduk Brigif. Di antaranya yaitu terdapat ruang penerima publik yang dihadirkan pada gerbang utama selatan waduk. Potensi wisata air dan kegiatan mancing menjadi media interaksi dan relaksasi.

Baca Juga:  TPU Kober Pendongkelan Terendam Imbas Hujan Deras

Lokasi waduk yang berada di low water level, area pinggir waduk berfungsi sebagai ruang publik. Kemudian terdapat juga panggung pertunjukan guna mewadahi kegiatan masyatakat dan berbagai macam festival. Lintasan joging dan jalur pedestrian sebagai jalan pintas yang menghubungkan area waduk dan fasilitas penunjang

"Kontur existing di sisi utara dimanfaatkan sebagai ampliteater dan menjadi ruang berkumpul atau piknik point," seperti dikutip.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini