Doakan Palestina, Bima Arya: Agresi Israel Tragedi Kemanusiaan Terbesar Sepanjang Sejarah

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Rabu 19 Mei 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 338 2412591 doakan-palestina-bima-arya-agresi-israel-tragedi-kemanusiaan-terbesar-sepanjang-sejarah-gSeGEYxe9n.jpg Wali Kota Bogor Bima Arya hadiri doa bersama untuk Palestina (Foto: Putra R)

BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebut kekejaman Israel terhadap Palestina di luar batas kemanusiaan. Kota Bogor pun mendorong dan mendukung agar pemerintah Indonesia terus melanjutkan peran aktif di kancah Internasional untuk menghentikan agresi militer Israel dan mewujudkan kemerdekaan untuk Palestina.

"Sampai saat ini 219 meninggal, 63 di antaranya anak-anak dan 1.500 luka-luka akibat agresi Israel di Palestina. Tapi tentunya ini bukan hanya sekadar angka. Ini adalah tragedi kemanusiaan terbesar sepanjang sejarah," kata Bima, saat menghadiri Doa Bersama untuk Palestina di Taman Ekspresi Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga:  Sejarah Panjang Konflik Palestina-Israel, Ada 4 Periode!

Seluruh elemen yang hadir sepakat bahwa kebiadaban Israel terhadap warga Palestina tidak bisa ditolerir. Dan meminta segala bentuk penjajahan di atas muka bumi ini dihapuskan karena bertentangan dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Atas dasar itu, kata Bima, berbagai elemen masyarakat Kota Bogor berkumpul di Taman Ekspresi ini sebagai bentuk ekspresi warga mengecam agresi militer Israel terhadap rakyat Palestina.

"Insya Allah hari ini kita sama-sama berkumpul untuk menyampaikan suara hati kita, mendoakan saudara-saudara kita di sana. Ada beberapa hal secara pribadi ingin saya sampaikan di forum kali ini dan Insya Allah kita kuatkan bersama-sama. Yang pertama, kita satu hati sepakat untuk mengutuk agresi dari Israel ke Palestina. Ini adalah kebiadaban melawan kemanusiaan yang tidak bisa ditolerir," ujar Bima.

Bima menambahkan, Kota Bogor mendukung Pemerintah Republik Indonesia agar melanjutkan ikhtiar bangsa Indonesia dari masa ke masa untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina melalui konsep solusi dua negara yang diperjuangkan oleh banyak sekali negara-negara Islam di dunia sejak 1937.

"Kita mendorong, kita mendukung Pemerintah RI untuk memaksimalkan semua forum internasional dan regional. Apakah di konferensi negara-negara Islam atau OKI, apakah itu di dewan keamanan PBB yang semestinya mengeluarkan resolusi yang tegas untuk menghentikan agresi Israel itu. Kita mendorong dan kita mendukung pemerintah RI untuk tegas mengartikulasikan perjuangan two state nation agar Palestina segera diberikan kemerdekaan," harapnya.

"Mudah-mudahan Allah SWT meridhoi usaha kita, mudah-mudahan Allah SWT memberikan kemudahan kepada setiap ikhtiar kita. Dan mudah-mudahan Allah SWT menempatkan pada tempat yang paling mulia di surga Allah SWT kepada setiap mujahid yang berjuang di Jalur Gaza, yang berjuang di tanah Palestina. Terima kasih atas keikhlasannya melangkahkan kaki ke sini untuk perjuangan kemanusiaan kita, keislaman kita dan kebersamaan kita semua," tambah Bima.

Baca Juga:  Hati-Hati! Menghina Palestina di Medsos Bakal Langsung Ditangkap Polisi

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto mengatakan, bahwa apa yang dilakukan oleh Israel merupakan kejahatan kenegaraan maupun kemaunusiaan. "Kita mengambil suatu sikap bahwa apa yang dilakukan Israel merupakan bentuk kejahatan kenegaraan, maupun kejahatan kemanusiaan dan kita mengutuk semua bentuk tersebut," ujar Atang.

Ia menambahkan, doa bersama ini bagian dari bentuk tanggung jawab kita sebagai seorang warga negara yang masih memiliki rasa kemanusiaan dan sekaligus ingin menegakkan konstitusi kita yaitu menghapuskan segala bentuk penjajahan di atas muka bumi ini.

"Mudah-mudahan doa bersama ini bisa diijabah oleh Allah SWT. Alhamdulillah dengan inisiasi Pak Walikota kita menjalankan doa bersama dengan para ulama, para habaib, para kyai. Kita berharap bahwa pemerintah kita bisa meneruskan perjuangan para founding fathers kita untuk kemudian bersama-sama membela semua bangsa di dunia ini untuk mendapatkan kemerdekaannya, terutama bangsa Palestina. Mudah-mudahan semua bentuk diplomasi yang dilakukan bisa berbuah kemerdekan bagi bangsa Palestina," terang Atang.

Sementara itu, Ketua Rabithah Alawiyah Jawa Barat Habib Hasan Al Attas mengaku sepakat dengan apa yang disampaikan para tokoh dalam doa bersama tersebut. "Kita sepakat semua atas nama umat Islam, tidak ada empat dimanapun, semua bentuk penjajahan harus dibumihanguskan. Karena ini adalah kebiadaban yang luar biasa. Kita berbicara kemanusiaan,” kata Habib Hasan.

"Ini hal yang luar biasa. Kita berkumpul di sini untuk mendoakan warga Palestina, yang mana saat ini mereka tidak ada ketenangan. Walaupun jauh dari mata kita, tapi hati kita harus lebih dekat kepada mereka, umat muslim di Palestina. Mari kita bersama mendoakan untuk mereka. Mudah-mudahan dengan aminnya kita, malaikat juga akan mengaminkan juga Insya Allah," pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti juga oleh Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, Ketua Rabithah Alawiyah Jawa Barat Habib Hasan Al Attas, Pimpinan MUI, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Pimpinan Partai Politik, ormas Islam, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Pimpinan Pondok Pesantren, Pengurus Dewan Masjid Indonesia dan para Ulama dan Habaib se-Kota Bogor.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini