Share

Ini Alasan Uji Coba Jalur Road Bike JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang

Komaruddin Bagja, Sindonews · Minggu 23 Mei 2021 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 23 338 2414271 ini-alasan-uji-coba-road-bike-jlnt-kampung-melayu-tanah-abang-Wfueak0Juo.jpg Ilustrasi pesepeda road bike (Foto: Jkt.cc)

JAKARTA - Uji Coba Road Bike JLNT Kampung Melayu - Tanah Abang dilakukan pada Minggu 23 Mei 2021, dari pukul 05.00 sampai 08.00 WIB. Tujuan dari uji coba tersebut untuk menghadirkan lintasan sepeda yang bisa dioptimalkan pemanfaatannya. 

"Kami dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama rekan-rekan dari kepolisian melaksanakan uji coba khusus penggiat sepeda dalam hal ini para road bikers di jalan layang nontol Karet ke Kasablanka, tujuannya tentu adalah dalam rangka menghadirkan lintasan sepeda yang bisa dioptimalkan pemanfaatannya oleh para sepeda road bike," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Minggu (23/5/2021).

"Sehingga mereka dalam melaksanakan aktifitasnya terjamin aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan sehingga upaya untuk lebih baik penyelenggarannya itu bisa dilakukan," imbuhnya.

Baca Juga: Baru Uji Coba, Pesepeda Road Bike JLNT Casablanca Jakarta Selatan Tewas di Tempat

Syafrin melanjutkan, pesepeda Road Bike, biasa beraktifitas di ruang lalu lintas dengan kecepatan tinggi bersama-sama dengan kendaraan bermotor. Sehingga aspek keselamatan dan keamanannya terabaikan.

"Banyak data yang kami kumpulkan, dimana kecelakaan yang menimpa para pesepeda ini cukup tinggi dengan angka fatalitas yang cukup lumayan besar. Oleh sebab itu, dengan hadirnya lintasan road bike ini merupakan wujud pemerintah hadir di tengah-tengah animo masyarakat untuk menjadikan sepeda road bike itu sebagai alat mobilitas harian," tambahnya.

Pihaknya terus menerima masukan baik dari komunitas pecinta sepeda, masyarakat dan pihak lain dalam hal keselamatan. Setelah uji coba, nantinya ada evaluasi menyeluruh terkait road bike di ruas jalan itu maupun jalan lain.

"Ya jadi tujuan dari pelaksanaan uji coba ini adalah kami ingin mendapatkan gambaran secara lengkap dari sisi operasional maupun teknis pelaksanaannya nanti dan tentu setelah uji coba ini kami akan melaksanakan improvement terhadap fasilitas yang ada termasuk juga mendapatkan masukan secara lengkap dari para penggiat sepeda bahwa mana saja yang perlu dilakukan perbaikan dan ke depan ini akan dilaksanakan. Kita harapkan pada saatnya nanti setelah hasil evaluasi hari ini kami akan melaksanakan penyediaan lintasan ini secara rutin rencananya pada Sabtu dan Minggu pukul 5 sampai dengan 9 pagi," tutupnya.

Baca Juga: Viral Abang Starling Kalahkan Roadbike dalam Adu Kebut di Jalan Sudirman-Thamrin

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini