Bertema 'Jakarta Bangkit', Berikut Rangkaian Acara HUT Ke-494 Jakarta

Komaruddin Bagja, Sindonews · Senin 24 Mei 2021 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 338 2414662 bertema-jakarta-bangkit-berikut-rangkaian-acara-hut-ke-494-jakarta-NOYhtHqXRF.jpg Anies Baswedan. (Foto: Bagja)

JAKARTA - Jakarta akan merayakan HUT ke-494 pada 22 Juni 2021. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kembali menegaskan komitmen yang telah dijalankan Pemprov DKI yang menempatkan Jakarta sebagai ‘Kota Kolaborasi’, di mana warganya turut terlibat aktif dalam pembangunan kota.

“Pemprov DKI memilih untuk melihat pembangunan Jakarta sebagai kesempatan bagi semua untuk berkiprah. Jadi, tidak dimonopoli Pemerintah, tapi kita ajak semua terlibat. Mengapa? Karena, tidak ada kota di Indonesia yang memiliki sumber daya sebanyak Jakarta, baik NGO, pelaku usaha, pengamat, analis, konten kreator, dan lembaga internasional,” ujar Anies dalam webinar HUT ke-494 DKI Jakarta, Senin (24/5/2021). 

Baca juga: Anies Baswedan: Jangan Pernah Kau Khianati Negeri Ini, Pesan Penuh Arti Cut Nyak Dhien

“Kami memang tentukan arah pembangunannya, tapi kami ajak semua terlibat. Ini mindset baru di DKI Jakarta, tapi ini bukan baru bagi Indonesia, karena bangsa ini dibangun dengan semangat gotong royong,” lanjutnya. 

Foto: MNC Portal Indonesia

Guna memeriahkan HUT ke-494 Jakarta, logo yang dipilih memiliki filosofi yang menggambarkan harapan dan 'Jakarta Bangkit'. Selain itu, ada elemen identitas ‘Plus Jakarta’ yang menunjukkan Jakarta sebagai Kota Kolaborasi.

Baca juga: Elektabilitas Anies Kalahkan Prabowo, Pengamat: Pemberitaan Media Masif

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan HUT ke-494 Kota Jakarta tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan rangkaian acara yang diadakan secara virtual. Hal ini dilakukan agar tetap bisa dinikmati oleh masyarakat umum dari rumah masing-masing.

Rangkaian acara HUT ke-494 Kota Jakarta sudah dimulai sejak April 2021 dalam sebuah kegiatan bertajuk 'Berkah Energi Ramadan'. Selain itu, sedang berjalan juga 'Jakpreneur Fest' bertajuk Mendekatkan dengan Kesempatan untuk membantu UMKM naik kelas, terpromosi, dan terhubung sebagai upaya membangkitkan perekonomian kota. 

Kemudian, akan diadakan pula 'Jakarta Investment' yang bertujuan memperbaiki keadaan fiskal Jakarta melalui skema investasi dan membangun Jakarta dengan kolaborasi. Dari sisi transportasi, akan dilaksanakan Penataan Stasiun Tahap II, Fasilitasi Integrasi CSW, dan Desain Proteksi Jalur Sepeda.

Sedangkan, untuk pemulihan lapangan pekerjaan, akan dilaksanakan kegiatan Kolaborasi Sosial Berskala Besar Ketenagakerjaan dan Pelatihan Kerja serta upaya untuk Mendorong Penempatan Kerja.

Lalu yang tak kalah penting, Aksi Hemat Energi juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan hari ulang tahun Jakarta tahun 2021, yaitu Aksi Pemadaman Lampu pada 7 Landmark Jakarta untuk memperingati World Environment Day, 5 Juni 2021. Serta launching Plus Jakarta yang ditandai beragam kegiatan menarik. Untuk informasi lebih lanjut terkait rangkaian perayaan HUT ke-494 Kota Jakarta dapat diakses melalui website plusjakarta.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini