Terungkap, Rumah Mewah yang Dituduh Milik Anies Hasil Gratifikasi Ternyata Dicomot dari Portal Jual Beli Properti

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 25 Mei 2021 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 338 2415163 terungkap-rumah-mewah-yang-dituduh-milik-anies-hasil-gratifikasi-ternyata-dicomot-dari-portal-jual-beli-properti-MWnGgRjd01.jpg Rumah mewah yang dituduh milik Anies Baswedan hasil gratifikasi pengusaha, ternyata rumah yang diambil dari portal jual beli rumah.(Foto:Media Sosial)

JAKARTA - Belakangan, muncul isu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima rumah mewah dari pengembang reklamasi. Anies membantah isu tersebut, dan meminta orang yang memfitnahnya membuktikan tuduhan.

Isu tersebut bergulirnya dari akun Twitter @sirajapadoha memposting foto rumah mewah disertai pesan tertulis. Rumah itu, disebutkan berada di Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

"Gabener menerima hibah RUMAH MEWAH dari Dubai atas IZIN REKALMASI yg dikeluarkan. Gabener dan izin2 proyek lainnya. Rumah baru si Wan TOA ini ada di Kebayoran Baru, Jaksel. Nikmatnya si Wan Abud jadi Gubernur DKI hasil jualan Ayat dan Mayat pilihan gerombolan KADRUN," demikian pesan tertulis yang disertai foto itu.

Namun setelah ditelusuri menggunakan mesin pencarian, rumah dalam foto itu ternyata ada di Jakarta Timur. Penggiat media sosial Fahmi Ismail menelusuri rumor postingan rumah mewah tersebut. Dari hasil penelusuran Fahmi, ditemukan bahwa foto rumah tersebut berasal dari portal layanan jual beli properti. Lokasi rumahnya berada di Bambu Apus Cipayung, Jakarta Timur, dan dipasarkan 2018 silam.

Baca Juga: Anies Tantang Buktikan Isu Gratifikasi Rumah Mewah dari Pengembang Reklamasi

"Rumah dijual: rumah mewah, Bambu Apus Cipayung Jakarta Timur. Harga Rp5.500.000.000 sertifikat hak milik," tulis screenshot foto dari hasil penelusuran Fahmi dikutip MNC, Selasa (25/5/2021).

MNC melalui sambungan telepon menghubungi Fahmi tentang rumor rumah mewah milik Anies tersebut. Dia menyebut bahwa rumor tersebut tidak benar dan harus dijadikan sebagai pelajaran masyarakat ketika dihadapkan dengan rumor.

"Rumor itu suatu berita yang belum tentu benar yang sering disampaikan dalam bentuk pertanyaan untuk membuat orang menjadi bertanya tanya tanpa disertai fakta jelas itu rumor. Rumor sifatnya gelap membuat sangat efektif mengaburkan informasi atau menjatuhkan orang kalau sifatnya negatif," katanya.

Dia meminta masyarakat terlebih dahulu menelusuri rumor tersebut dengan menyatakan langsung pada pembuat rumor tersebut. Kemudian dapat menelusuri secara mandiri mengenai kebenaran rumor tersebut.

Melalui video tutorial Fahmi menjelaskan tata cara menelusuri rumor tentang umah mewah milik Anies tersebut. Langkah-langkah yang dapat dilakukan yakni pertama, install extension Reverse Image search, kedua klik kanan foto yg mau dicek, pilih All Search Engine, ketiga lihat Tab Yandex, lihat daftar gambar yang mirip. Akan ketemu sumber aslinya.

"Ini sangat mudah, sering sering dipraktikkan. Ketika orang cek foto atau video cek sendiri tanpa harus menunggu pihak lain," kata Fahmi.

Sebelumnya, teradapat rumor perihal Anies menerima hadiah rumah dari pengembang reklamasi. Anies tidak mau ambil pusing dan meminta media melakukan pengecekan.

"Saya rasa teman-teman media bisa memanfaatkan ini untuk kesempatan kritis, karena kalau ada berita seperti itu, Anda kejar dimana lokasinya, dimana alamatnya, dimana nomornya, jadi beritanya itu lengkap," ujar Anies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini