Trisuci Waisak 2564 BE, Anies: Rayakan dengan Bangkitkan Semangat Persatuan

Jonathan Nalom, MNC Media · Rabu 26 Mei 2021 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 338 2415790 trisuci-waisak-2564-be-anies-rayakan-dengan-bangkitkan-semangat-persatuan-S7u4sC2Iud.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan apresiasinya atas tema persatuan yang dipilih untuk acara perayaan Hari Trisuci Waisak 2565 BE yang digelar pada Rabu (26/5/2021). Anies mengatakan bahwa tema ‘Waisak Membangkitkan Semangat Persatuan Untuk Indonesia Maju’ adalah sebuah pilihan yang tepat.

"Izinkan saya menyampaikan apresiasi untuk tema ini. Bagaimana kita membicarakan tentang membangkitkan semangat persatuan. Saya ingin garis bawahi membangkitkan semangat persatuan. Kita adalah bangsa yang beragam," kata Anies dalam pidato sambutannya pada Rabu (26/5/2021).

BACA JUGA: Perayaan dan Ibadah Waisak Diharapkan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

Menurut Anies, persatuan sendiri merupakan hal yang harus diusahakan oleh antar manusia. Oleh karenanya ia mengajak pihak-pihak lain juga terus mendorong adanya semangat persatuan.

"Yang membedakan dan kita banggakan adalah persatuan Indonesia. keragaman adalah ciptaan Tuhan, tapi persatuan adalah usaha manusia," lanjutnya.

Anies mengatakan bahwa keberagaman yang ada di Indonesia berbeda dari negara lain, keberagaman yang unik karena ditambahkan nilai dari persatuan.

"Lihatlah India lebih Bhineka dari Indonesia, lihat lah Tiongkok lebih Bhineka dari Indonesia, bahkan lihatlah Papua Nugini, lebih Bhineka dari kita lebih banyak bahasanya, lebih banyak sukunya, lihatlah Afghanistan lebih banyak bahasanya lebih banyak sukunya. Tapi yang membedakan, yang harus kita banggakan dari Indonesia adalah persatuan Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA: Perayaan Waisak Sejumlah Daerah di Tengah Pandemi

Anies kemudian juga mengharapkan semangat tersebut dapat diimani oleh seluruh warga negara. Hal ini menurutnya akan berimbas sampai bagaimana keharmonisan berhubungan lintas agama.

"Jadi kami di DKI Jakarta mengharapkan sekali ikhtiar persatuan ini menjadi ikhtiar bersama. Karena itu ketika mendengar bahwa tema tahun ini adalah membangkitkan semangat persatuan, mari kita sama sama teruskan," pangkasnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini