Share

Gerhana Bulan Total, Warga Tangerang Hanya Bisa Lihat Sebagian

Isty Maulidya, Okezone · Rabu 26 Mei 2021 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 338 2415879 gerhana-bulan-total-warga-tangerang-hanya-bisa-lihat-sebagian-NAvV8wm7fk.jpg Gerhana bulan total. (Foto: Isty M)

TANGERANG - Gerhana Bulan Total yang saat ini sedang berlangsung bisa disaksikan di wilayah Tangerang selama 60 menit sejak pukul 19.00 WIB. Adapun puncak gerhana telah terjadi pada 18.26 WIB, Rabu (26/5/2021).

"Bisa terlihat secara kasat mata pada pukul 19.00 WIB, sampai nanti terakhir di jam 20.51 atau P4 nya," tutur Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)Kelas I Tangerang, Suwardi.

Namun sayangnya, warga Tangerang tidak bisa melihat fase puncak gerhana secara kasat mata. Adapun yang masih bisa dilihat adalah sebagian atau pada saat bulannya terbit, hingga berakhirnya gerhana.

Baca juga:  Gerhana Bulan Total Baru Terjadi Lagi pada 2033

"Dengan catatan langit cerah, jadi bisa terpantau kasat mata," ungkapnya.

Sementara itu, umat muslim di berbagai wilayah melaksanakan sholat gerhana selepas Sholat Magrib atau sekitar pukul 19.00 WIB. Seperti yang terpantau di kelurahan Sangiang Jaya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang beberapa masjid dan musala menggelar salat gerhana berjamaah. 

Baca juga: Penampakan Gerhana Bulan Total, Kenapa Sisi Kiri Lebih Cerah?

Tak sedikit juga yang mengimbau warga agar melaksanakan sholat gerhana di rumah masing-masing. Selain itu, kumandang takbir juga terus terdengar sejak sore tadi dan diperkirakan akan terus berkumandang hingga fase gerhana bulan total berakhir.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini