Pemprov DKI Uji Coba Pemilahan Sampah, 147 RW Jadi Percontohan

Bima Setiyadi, MNC Portal · Kamis 27 Mei 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 338 2416146 pemprov-dki-uji-coba-pemilahan-sampah-147-rw-jadi-percontohan-YhcSxeIJOA.jpg Foto: Sindo

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan uji coba pemilahan dan pengangkutan sampah terjadwal mulai 1 Juni 2021. Sedikitnya terdapat 147 RW yang menjadi percontohan dengan sistem pendampingan yang dilakukan secara online.

Berdasarkan infografis yang dibagikan Gubernur DKI Jakarta dalam akun instagramnya @aniesbaswedan, Kamis (27/5/2021), Implementasi Pergub No 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga dibagi dalam 147 RW percontohan yang tersebar di lima wilayah kota dan satu kabupaten Kepulauan Seribu.

"Dinas Lingkungan Hidup juga telah membuat SOP mengenai pengangkutan sampah terjadwal terhadap para petugas Dipo/TPS yang melayani 147 RW Percontohan tersebut," seperti dikutip.

Baca Juga : Hari Pertama Lebaran, Volume Sampah di Jakarta Capai 2.142 Ton

Masyarakat akan memilah sampah sesuai jenisnya dan menempatkan sampah di wadah yang sesuai dengan jenisnya. Misalnya saja wadah residu yang diperuntukkan menampung bekas pembalut, popok, permen karet ataupun puntung rokok. Nantinya residu akan diangkat secara terjadwal oleh petugas gerobak ke Tempat Penampungan Sementara (TPS). Untuk sampah B3 dibawa ke TPS B3, Material Daur Ulang dibawa ke Bank sampah dan Mudah Terurai di bawa ke plasma RW.

Alur dan jadwal penumpulan sampah oleh LPS RW dimulai dari petugas gerobak yang melakukan penjemputan sampah ke rumah warga sesuai jadwal yang ditentukan. Petugas memeriksa jenis sampah sesuai jadwal yang ditetapkan. Apabila jenis sampah yang dibuang seseuai dengan jadwal, maka tidak dikenakan sanksi. Namun apabila tidak sesuai dengan jadwal, dikenakan sanksi sesuai kesepakatan.

Baca Juga : Solusi Anies Baswedan Atasi Sampah Elektronik di Jakarta

"Jenis sampah mudah terurai dan residu itu setiap hari diambil. Sampah Material Daur ulang hari Selasa minggu ke 1 dan ke 2 setiap bulan. Sampah B3 rumah tangga atau e-waste itu hari Rabu minggu ke 1 setiap bulan. Jadwal menyesuaikan kesepakatan warga," lanjut keterangan tulisan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini