Tuntut Anwar Bessy Dibebaskan, Puluhan Buruh Geruduk Gudang Utara Indomaret

Yohannes Tobing, Sindonews · Kamis 27 Mei 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 338 2416185 tuntut-anwar-bessy-dibebaskan-puluhan-buruh-geruduk-gudang-utara-indomaret-kdJLBz3wFL.jpg Demo buruh di gudang utama Indomaret. (Foto: Yohannes T)

JAKARTA - Puluhan buruh yang tergabung dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berdemo di depan gudang utama PT Indomarco (Indomaret) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (27/5/2021).

Presiden FSPMI Riden Hatam Aziz mengatakan, dalam aksinya para buruh menuntut pembebasan karyawan Indomaret Anwar Bessy dari upaya jeratan hukum dan dipekerjakan kembali.

Anwar dianggap melakukan perusakan salah satu fasilitas milik Indomarco berupa dinding gipsum pada 8 Mei 2021 lalu dan dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Utara.

"Saya berharap persolan yang sepele ini atau tindak pidana ringan, karena harga gipsum itu tidak lebih dari Rp50 ribu yang menjadi dasar tuntutan oleh saudara Anwar Bessy," ucapnya.

Baca juga: Heboh Buruh Ancam Boikot Produk Indomaret Gegara Kasus THR, Begini Kronologinya

Riden berharap masalah yang menimpa salah satu karyawan Indomaret Anwar Besy segara menemui titik terang. Menurutnya, masalah yang membelenggu anggotanya tidak begitu besar.

"Tentu ini adalah kezaliman yang luar biasa dan kriminalisasi yang nyata. Bagi kami para buruh ini tidak bisa tinggal diam. Kami akan melakukan upaya apapun supaya saudara Anwar Besy ini di bebaskan," ucapnya.

Di sela waktu aksi unjuk rasa yang dilakukan, Riden juga mengatakan bahwa pihak Kementerian Tenaga Kerja telah melakukan upaya untuk mempertemukan pihak Indomarco dengan perwakilan FSPMI untuk membahas hal tersebut.

Baca juga: Tolak Vaksinasi Berbayar, KSPI Minta Vaksin Buruh Gratis

"Hari ini juga saya dapat kabar baik dari kemenaker, bahwa PT Indomarco berkenan untuk bertemu dengan kami FSPMI. Jadwal jam 11.30. Untuk itu ini adalah hal yang positif, dan kami merespons positif," kata Riden.

"Tapi dengan catatan tetap aksi akan kami lakukan. Karena itu sudah jadi keputusan kami. Dan kita akan lihat mudah mudahan manajemen itikad baik manajemen Indomarco ini akan ketemu wining solusi. Harapan kami ini jalan terbaik," pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini