Habib Rizieq Shihab Divonis 8 Bulan dalam Perkara Petamburan, Ini Pertimbangan Hakim

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Kamis 27 Mei 2021 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 338 2416323 habib-rizieq-shihab-divonis-8-bulan-dalam-perkara-petamburan-ini-pertimbangan-hakim-nZF74papIT.jpg

JAKARTA - Mantan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab dan lima terdakwa lainnya divonis 8 bulan penjara dalam perkara kerumunan di kawasan Petamburan, Jakarta.

Majelis hakim yang dipimpin Hakim Ketua Suparman Nyompa dalam pertimbangannya menyatakan, Habib Rizieq dan lima mantan pimpinan FPI lainnya bersalah dan melanggar protokol kesehatan saat pandemi Covid-19 dan mengakibatkan kerumunan massa dalam peringatan Maulid Nabi serta pernikahan putri keempatnya tahun lalu.

Menurut majelis hakim, perakara ini turut menyebabkan meningkatnya kedaruratan kesehatan masyarakat akibat Covid-19 di DKI Jakarta.

“Dalam pelaksanaan kedua acara itu tidak ada jaga jarak 1,5 meter dan penerapan prokes tidak ketat. Tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan sesuai UU No 6/2018. Jadi semua unsur pidana terpenuhi,” ujar majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (27/5/2021).

Baca juga: Hakim Bacakan Vonis Perkara Petamburan Habib Rizieq Usai Sholat Ashar

Kelima mantan pimpinan FPI yang dimaksud yakni Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Al-Habsyi dan Maman Suryadi. Mereka semua diketahui menjadi panitia acara.

Sebelumnya JPU menuntut Habib Rizieq Shihab dengan pidana 2 tahun penjara dalam perkara ini. Sedangkan lima mantan pimpinan FPI sebelumnya dituntut masing-masing 1 tahun 6 bulan penjara dengan pengurangan masa tahanan.

Pada sidang sebelumnya siang tadi, Habib Rizieq divonis denda Rp20 juta subsider 5 bulan penjara dalam kasus kerumunan di Megamendung, Kabupaten Bogor. Baik Rizieq maupun jaksa menyatakan pikir-pikir atas putusan ini.

Baca juga: Terus Memegang Tasbih, Ini Reaksi Habib Rizieq saat Hakim Bacakan Vonis

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini