Kuasa Hukum: Tidak Seharusnya Kasus Prokes Dipidana tapi Kami Hormati Putusan Hakim

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 27 Mei 2021 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 338 2416401 kuasa-hukum-tidak-seharusnya-kasus-prokes-dipidana-tapi-kami-hormati-putusan-hakim-0b5gMi4m6Y.jpg Kuasa hukum Habib Rizieq Aziz Yanuar (Foto: Sindo)

JAKARTA - Mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) divonis hukuman penjara 8 bulan pada kasus kerumunan di Petamburan. Sedangkan di Megamendung, ia divonis pidana denda Rp20 juta.

Kuasa Hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar mengatakan bahwa pihaknya tetap yakin bahwa kasus kerumunan di dua tempat tersebut tidak seharusnya dipidana. Namun, ia menghormati putusan majelis hakim tersebut.

"Kami tetap yakin bahwa tidak seharusnya kasus prokes dipidana, tapi kami hormati putusan majelis hakim terutama untuk kasus Petamburan," kata Aziz saat dihubungi Okezone, Kamis (27/5/2021).

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur sebelumnya menjatuhkan hukuman denda Rp20 juta kepada terdakwa Habib Rizieq, dalam perkara kerumunan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Vonis hakim ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Baca juga: Habib Rizieq Senyum Semringah Usai Divonis 8 Bulan, Langsung Ngomong Begini

Kemudian pada perkara kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, Habib Rizieq dijatuhi hukuman delapan bulan penjara dikurangi masa penahanan yang telah dilaluinya.

Habib Rizieq diketahui telah ditahan polisi sejak 13 Desember 2020. Artinya hingga putusan dibacakan, ia telah menjalani penahanan selama 5,5 bulan. Tersisa 2,5 bulan lagi masa penahanannya untuk genap menjadi 8 bulan.

Dalam perkara Petamburan ini, lima orang mantan petinggi FPI lainnya juga diganjar hukuman delapan bulan penjara dikurangi masa penahanan yang telah dilaluinya. Kelimanya yakni Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi. Vonis hakim pada perkara ini lebih rendah dari tuntutan jaksa.

Baca juga: Kuasa Hukum: Habib Rizieq Tidak Layak Dikenakan Hukuman Kurungan Badan

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini