Share

Cegah Banjir, Pemprov DKI Normalisasi Kali di Jakarta Barat

Mohamad Yan Yusuf, MNC Portal · Jum'at 28 Mei 2021 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 338 2416743 cegah-banjir-pemprov-dki-normalisasi-kali-di-jakarta-barat-znjM6Xi09O.jpg Normalisasi kali.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Dua kali di Jakarta Barat, yakni Kali Apuran dan Kali Grogol dilakukan normalisasi. Pengerukan dilakukan menggunakan sejumlah alat berat.

Hal itu terlihat usai akun Instagram @dinas_sda memposting normalisasi yang dilakukan keduanya. Kedua normalisasi itu diposting terpisah dengan waktu yang terpisah.

"Salah satu wilayah Gerebek Lumpur adalah pengerukan dan pengepokan lumpur Kali Grogol Kec. Palmerah oleh Sudin SDA Jakarta Barat," katanya dalam postingan, Kamis (27/5/2021) lalu.

Dalam postingan itu, terlihat petugas melakukan pengerukan menggunakan Amphibi Takeuchi AK 20. Mereka kemudian melakukan pengerukan terhadap sisi kali yang dipenuhi lumpur.

Dipostingan itu juga memperlihat sedimen lumpur bertumpuk disisi kali di pinggir akses yang dekat deng perumahan warga.

Baca Juga: Wagub DKI Ungkap 2 Hambatan Pembebasan Lahan untuk Atasi Banjir

"Dinas Sumber Daya Air melaksanakan kegiatan Gerebek Lumpur guna memperluas daya tampung waduk/sungai/kali untuk menghadapi musim penghujan," katanya.

Hal serupa juga dilakukan di kali apuran, Cengkareng, Jakarta Barat. Pengerukan disana dilakukan demi meminimalisir banjir yang kerap terjadi di kawasan itu.

"Kegiatan tersebut menggunakan 1 unit alat berat yaitu Volvo XS 25," katanya.

Dalam pengerukan itu terlihat sejumlah lumpur dan sedimen yang membuat kali menjadi lebih dangkal dikeruk dan dibuang ke bibir kali.

"Pengerukan sedimentasi lumpur dari dasar kali tersebut guna memperdalam kali sehingga berfungsi maksimal sebagai antisipasi terjadinya luapan air karena kali yang dangkal terlebih saat curah hujan di Jakarta sedang tidak menentu," tutupnya.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini