Pesepeda Ogah Lintasi Jalur Khusus, Ini Tanggapan Kadishub DKI

Widya Michella, MNC Media · Minggu 30 Mei 2021 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 338 2417492 pesepeda-ogah-lintasi-jalur-khusus-ini-tanggapan-kadishub-dki-ijwIzMmfHD.jpeg Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo (foto: MNC Portal Indonesia)

JAKARTA - Terkait beredarnya foto pengendara sepeda motor yang mengacungkan jari tengah kepada rombongan pesepeda, yang berada di jalur kanan lantaran kesal saat jalannya dihalangi.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebut berdasarkan undang-undang 22 tahun 2009, adanya prioritas pengguna jalan bagi yang kecepatannya berada di bawah kendaraan pribadi wajib menggunakan jalur paling kiri.

"Ada namanya prioritas pengguna jalan, tentu bagi para pesepeda yang kecepatannya berada di bawah kendaraan di bawah dari kendaraan bermotor, itu wajib menggunakan jalur paling kiri," ujar Syafrin saat ditemui di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang, Minggu (30/5/2021).

Baca juga:  Banyak Pesepeda Tak Melintas di Jalur Khusus Sudirman-Thamrin

Menurutnya, para pesepeda yang berada di jalur lalu lintas bersama-sama dengan kendaraan motor lainnya wajib mengambil jalur paling kiri. Sehingga aspek keselamatan dan keamanan saat berada di ruang jalan/mix traffic dapat terpenuhi

"Sesuai dengan ketentuan, untuk sanksi sepenuhnya menjadi kewenangan rekan-rekan kepolisian, namun kami dari pemerintah provinsi DKI terus melakukan sosialisasi, edukasi agar prinsip ketertiban dalam berlalu lintas itu dipatuhi oleh masyarakat," paparnya.

Baca juga:  Usai Pemotor Acungkan Jari Tengah, Netizen Beberkan 'Dosa' Pesepeda Jakarta

Ia pun berharap agar warga Jakarta dapat tertib, dan disipilin dalam berlalu lintas sekaligus menerapkan social distancing.

"Tentu dengan upaya social distancing ini kita harapkan ada perubahan perilaku dari warga Jakarta untuk selalu tertib dan disiplin dalam berlalu lintas, mentaati rambu, marka jalan, dan mengikuti arahan petugas pada saat berada di lapangan," harapnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini