Cuaca Ekstrem di Jakarta Diprediksi Terjadi hingga Esok Hari

Bima Setiyadi, MNC Portal · Senin 31 Mei 2021 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 338 2417981 cuaca-ekstrem-di-jakarta-diprediksi-terjadi-hingga-esok-hari-vMdsoWfliD.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta keluarkan status waspada cuaca ekstrem di wilayahnya terjadi hingga esok hari, Selasa 1 Juni 2021. Bahkan dalam sepekan ke depan bisa terjadi angkot kencang dan hujan es.

Hasil analisis dinamika atmosfer-laut BMKG menunjukkan bahwa terdapat aktifitas Gelombang Kelvin yang cukup aktif di sekitar Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua bagian utara, sedangkan Gelombang Rossby Ekuatorial cukup aktif di sekitar wilayah Jawa dan Samudera Pasifik sebelah timur Filipina.

Sementara itu perlambatan dan belokan angin terjadi di beberapa wilayah yang cukup berpengaruh pada pembentukan potensi awan hujan.

"Kondisi tersebut dapat menimbulkan potensi hujan sedang-lebat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada tanggal 31 Mei 2021-01 Juni 2021. Selain itu, tinggi gelombang 1.25 - 2.5 meter (Moderate Sea) akan terjadi pula di wilayah perairan utara Pulau Jawa dan Laut Jawa," seperti dikutip, Senin (31/5/2021).

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan (hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es) yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Baca Juga : Kelelahan Dikejar di Dalam Hutan, 3 Milisi Kongo Serahkan Diri ke Satgas TNI

Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi Call Center 112. Laporkan bila ditemukan genangan/ banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana. Selain itu, akan dibagikan peringatan dini melalui media sosial BPBD DKI Jakarta & Aplikasi JAKI.

"Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku "Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat" melalui link http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir," tulis petugas.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini