Tergiur dengan Jimat Kebal, Pemuda Ini Malah Kena Hipnotis

Yohannes Tobing, Sindonews · Senin 31 Mei 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 338 2418092 tergiur-dengan-jimat-kebal-pemuda-ini-malah-kena-hipnotis-6rDE2w6S8c.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Unit Reskrim Polsek Koja menangkap dua pelaku kasus penipuan bermodus hipnotis berinisial RP (56) dan IAM (30), di Jalan STM Walang Jaya, Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Jumat 28 Mei 2021 lalu.

Kapolsek Koja, Kompol Abdul Rasyid mengatakan, kasus penipuan ini berawal saat korban bernama Tajudin (18) sedang melintas di jalan dan diberhentikan kedua pelaku.

Baca juga:  Konten Kreator Dihipnotis di Monas, HP dan Kamera Raib

Saat diberhentikan pelaku RP, ia menanyakan alamat kepada korban sambil menawarkan sebuah batu yang disebut sebagai jimat kekebalan. Untuk meyakinkan korban pelaku RP langsung mempraktikkan atraksi mengiris tubuhnya dengan silet.

Karena melihat aksi pelaku, korban yang memperhatikan atraksi pelaku langsung terlarut dan akhirnya terhipnotis. Saat itu lah korban mulai menyerahkan barang-barang berharganya tanpa sadar.

Baca juga:  Karyawan Toko Olahraga Dihipnotis, Modus Pelaku Kirim Paket

"Korban menyerahkan dompet berisi STNK, SIM, kartu kredit, kartu ATM, serta kunci kontak motornya lalu korban juga disuruh pelaku berjalan kaki sejauh 100 langkah dan tidak boleh menoleh," kata Rasyid kepada wartawan, Senin (31/5/2021).

"Disaat korban disuruh untuk berjalan kaki, pelaku RP dan IAM langsung membawa kabur motor korban," tuturnya. Tak berselang lama, korban mulai sadar dan mengejar pelaku hingga didengar warga sekitar.

Pelaku RP yang mencoba kabur pun akhirnya tertangkap oleh anggota di lokasi, disusul pelaku IAM. Rasyid mengatakan dua pelaku ini merupakan komplotan yang terdiri dari empat pelaku.

Hingga saat ini, Polisi masih mengejar dua pelaku lainnya yang DPO yakni A dan I yang bertugas mengawasi situasi sekaligus yang mengambil motor korban. Atas perbuatannya, RP dan IAM dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini