Herman Gondrong Pengganda Uang Dibebaskan, Ini Kata Kapolres Bekasi

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Rabu 02 Juni 2021 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 338 2418706 herman-gondrong-pengganda-uang-dibebaskan-ini-kata-kapolres-bekasi-dgJhyjlLCr.jpg Foto: Istimewa

BEKASI - Tersangka Herman alias Ustaz Gondrong (44) yang sempat viral di media sosial karena aksinya menggandakan uang ditangguhkan penahananya oleh penyidik Unit PPA Polres Metro Bekasi setelah tersangka mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Cikarang.

Pria yang menjadi tersangka undang-undang perlindungan anak itu dibebaskan pada Senin 31 Mei 2021 malam. Lalu apa kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan?

”Dia sudah mengajukan penangguhan penahanan sudah lama, jauh sebelum mengajukan praperadilan,” kata Hendra, Rabu (2/6/2021).

Menurut dia, penangguhan penahanan merupakan hak dari tersangka. Apalagi, diterima atau tidaknya permohonan penangguhan penahanan merupakan kewenangan dari penyidik.

Ada sejumlah syarat yang harus terpenuhi, misalnya kooperatif ketika dimintai keterangan hingga tidak menghilangkan barang bukti. ”Proses hukum tetap berjalan,” ujarnya.

Baca juga: Ustadz Gondrong Ditetapkan Tersangka Persetubuhan Anak

Herman menjadi tersangka undang-undang perlindungan anak karena menikahi anak di bawah umur. Sebelum menjadi tersangka, Herman viral karena aksinya disebut bisa menggandakan uang. Polisi mengungkap aksi itu hanya trik sulap dengan uang mainan. Alhasil, pria yang mengaku ustadz Gondrong pun langsung diamankan petugas.

Baca juga: 6 Fakta Viral Herman Gondrong Pengganda Uang, Mengaku Ustadz hingga Pakai Duit Palsu

Untuk diketahui, Ustadz Gondrong sebelumnya viral di media sosial karena mempraktikkan penggandaan uang. Video viral itu direkam istrinya pada 4 Maret 2021 lalu yang disaksikan oleh pasienya yang saat itu tengah berkunjung. Video itu kemudian diunggah ke media sosial dengan tujuan meyakinkan masyarakat karena memiliki kemampuan mistik dan menarik minat pasien.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini