Share

Pengamat: Jalur Sepeda Digunakan untuk Mereka yang Bekerja, Jika Ingin Olahraga di Stadium

Ari Sandita Murti, Sindonews · Rabu 02 Juni 2021 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 338 2418863 pengamat-jalur-sepeda-digunakan-untuk-mereka-yang-bekerja-jika-ingin-olahraga-di-stadium-mHvcDG7zYw.jpeg Foto: Istimewa

JAKARTA - Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno mengatakan, kebijakan bagi pengguna road bike di Jakarta dengan aturan jam pukul 05.00-06.30 WIB itu dianggap kurang tepat. Sebabnya, pesepeda sudah diberikan akses di jalanan Jakarta ini.

"Sebaiknya tidak dilakukan karena sudah tersedia juga jalur khusus sepeda, cukup di hari libur dan akhir pekan (Sabtu dan Minggu)," ujarnya pada wartawan, Rabu (2/5/2021).

Menurutnya, keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan yang lain juga sejatinya harus diperhatikan. Jika mau sebebas bebasnya, dapat menggunakan velodrome di Rawamangun.

"Sebenarya, lajur sepeda sudah dibangun di sepanjang jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Thamrin, baik berupa lajur sepeda yang diterlindungi (maksimum lajur sepeda 25 km per jam) dan menjadi satu dengan trotoar yang lebar (maksimal laju sepeda 10 km per jam)," tuturnya.

Tujuannya, tambahnya shifting ke sepeda untuk kerja tiap hari bukan untuk olahraga. Sedangkan olah raga dengan roadbike haruslah dilakukan di stadium, sebagaimana balapan motor atau mobil di sirkuit, bukan balapan di jalan raya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini