Polisi Beri Dispensasi Ruang ke Pesepeda, Boleh Keluar Jalur di Jam Tertentu

Ari Sandita Murti, Sindonews · Rabu 02 Juni 2021 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 338 2418917 polisi-beri-dispensasi-ruang-ke-pesepeda-boleh-keluar-jalur-di-jam-tertentu-FUx3Vn0bOD.jpeg Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo mengatakan, sesuai hasil rapat sebelumnya antara Polisi, Pemprov DKI, Dishub DKI dan instansi Criminal Criminal Justice System (CJS) lainnya, disepakati pesepeda diberikan dispensasi ruang. 

"Salah satu pointersnya diberikan dispensasi ruang bagi pengguna sepeda untuk keluar dari jalur sepeda yang telah dibuat dari pukul 05.00-06.30 WIB ya," ujarnya pada wartawan, Rabu (2/5/2021).

Baca juga: Pengamat: Jalur Sepeda Digunakan untuk Mereka yang Bekerja, Jika Ingin Olahraga di Stadium

Menurutnya, pemberian ruang itu khususnya karena pesepeda balap atau road bike mengeluh kecepatannya itu tak memadai saat menggunakan jalur sepeda sebagaimana yang telah disediakan. Alhasil, pihaknya dan pihak terkait mencarikan solusi dan mengakomodir hal itu demi terciptanya keamanan dan keselamatan di jalan raya.

"Nah kami juga menerjunkan tim, ada dua tim bergerak untuk melakukan pengawasan dan penertiban pada pesepeda yang keluar jalur itu diatas pukul 06.30 WIB sebagaimana yang dilakukan pagi tadi," tuturnya. 

Adapun upaya tersebut, kata dia, bagian dari kerangka tugas kepolisian yang terdiri dari upaya preventif berupa sosialisasi dan edukasi pada masyarakat tentang wajibnya menggunakan jalur sepeda bagi pesepeda. 

Baca juga: Polda Metro Tegaskan Pesepeda Dilarang Keluar Jalur!

Lalu preventif berupa patroli dan penggiringan pada pesepeda untuk memakai jalur sepeda di luar waktu yang ditentukan.

Terakhir, represif berupa upaya hukum atau penindakan manakala dua upaya sebelumnya itu tak bisa mengendalikan pesepeda mengikuti aturan.

"Nanti juga akan ada evaluasi-evaluasi terkait hal ini, tapi dari pemantauan hari pertama sih mereka (pesepeda) rata-rata sudah masuk jalurnya masing-masing (saat sudah lewat dari waktu yang ditentukan)," katanya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini