Pangdam Jaya : Kampung Sawah Bekasi Jadi Percontohan Kampung Pancasila

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Rabu 02 Juni 2021 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 338 2419190 pangdam-jaya-kampung-sawah-bekasi-jadi-percontohan-kampung-pancasila-1RuITDaKaw.jpg Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dadang Abdurahman di kampung pancasila (foto: MNC Portal/Abdullah)

BEKASI - Pangdam Jaya Mayjen TNI, Dudung Abdurachman meninjau langsung Kampung Pancasila di Kampung Sawah Gang Kober No 1, RT 3/3, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Rabu (3/6). Kedatangan Dudung untuk melihat kampung dengan toleransi agama sangat tinggi.

Di Kampung Sawah terlihat keberagaman yang terbangun sejak Februari 2021 tahun ini. Masyarakat disana, hidup saling berdampingan meskipun memiliki keyakinan yang berbeda-beda, mulai Islam, Protestan, Katholik, dan Hindu. Alhasil, Kampung Sawah merupakan Kampung Pancasila di Indonesia.

Baca juga: Ketua DPR Sebut Indonesia Bisa Kukuh Berkat Pancasila

Mayjen TNI Dudung mengatakan, banyak negara di dunia ini hancur akibat adanya perbedaan-perbedaan yang tumbuh. Namun Indonesia justru bertahan karena nilai-nilai Pancasila begitu hidup di lingkungan masyarakat.

"Indonesia karena Pancasila selalu kokoh tidak pernah terombang-ambing," katanya.

Baca juga: Gubernur Lemhannas Ungkap Tantangan untuk Bumikan Pancasila

Untuk itu, Dudung mengingatkan kepada masyarakat bahwa jangan sampai mengkultuskan salah satu kaum karena seakan-akan menjadi kaum yang bertaqwa di hadapan Tuhannya. Maka Rakyat Indonesia sebagai bangsa yang besar harus selalu berlandaskan kepada Pancasila.

"Saya yakin kalau Pancasila kita pegang teguh ini akan menjadi kehidupan yang bermasyarakat dan bernegara yang luar biasa," ungkapnya.

Dengan berdirinya Kampung Sawah sebagai Kampung Pancasila ini bisa menjadi projek percontohan bagi Indonesia agar senantiasa dikembangkan di seluruh negeri.

"Semoga dengan kegiatan ini bisa menimbulkan kepada masyarakat Indonesia cinta kepada bangsanya," ungkapnya.

Dudung juga mengapresiasi dilingkungan Kampung Sawah ini sudah mengimplementasikan Pancasila itu karena memang Pancasila itu digali dari budaya hidup bangsa.

Saat ini, kata dia, di wilayah Kodam Jaya Jayakarta ada 83 titik yang dijadikan sebagai Kampung Pancasila. Rencananya, dia akan kembali mengembangkan atau menambah Kampung Pancasila.

"Nanti akan kita kembangkan lagi di 83 titik yang berada di tetorial Kodam Jaya," tegasnya.

Pembina Kampung Pancasila, Soni Teguh Trilaksono menyampaikan, kampung Sawah ini bukan hanya Kampung Pancasila tapi kampung Kebangsaan. Meski secara simbolis baru diluncurkan, nilai-nilai keberagaman di Kampung Sawah ini sudah berdiri ratusan tahun lamanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini