Dishub DKI : Pesepeda Wajib Gunakan Lajur Kiri

Komaruddin Bagja, Sindonews · Kamis 03 Juni 2021 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 338 2419555 dishub-dki-pesepeda-wajib-gunakan-lajur-kiri-B2b0DHH5Fc.jpg (Foto : MNC Portal Indonesia/Widya Michella)

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengingatkan kepada para pengguna jalan untuk menaati regulasi. Itu termasuk pesepeda untuk menggunakan lajur kiri jalan.

Syafrin mengatakan, dalam beraktivitas di ruang lalu lintas di sana kendaraan bermotor tentu berpedoman terhadap regulasi yang ada UU 22 tahun 2009 menyebutkan ada prioritas penggunaan jalan dan kemudian ada pembagian lajur lalu lintas di jalan.

"Selalu lajur yang kanan itu untuk kendaraan lebih cepat. Jadi begitu sepeda tidak mungkin ada di lajur paling kanan jika tidak dilakukan pengaturan," kata Syafrin di Balai Kota DKI, Kamis (3/6/2021).

Dari aturan yang ada, kata Syafrin, pesepeda harus berada di jalur yang telah disiapkan.

"Nah oleh sebab itu mereka wajib pada saat beraktivitas itu ada di sebelah paling kiri," tuturnya.

Berdasarkan informasi yang didapat, para komunitas Road Bike yang viral beberapa waktu lalu sudah membuat permintaan maaf.

Meskipun begitu, Syafrin mengajak seluruh pesepeda agar menaati aturan dan jalur sepeda permanen.

Baca Juga : Pesepeda Road Bike Diizinkan Keluar Jalur, Wagub DKI: Beri Kesempatan Kegiatan Positif

"Saya belum tahu. Ada pengakuan yah. Ya tentu kita berharap mereka lebih disiplin pada saat ada di jalan yang di sana tidak ada lajur sepeda permanen silakan gunakan lajur paling kiri untuk keselamatan dan Keamanan," tuturnya.

Baca Juga : Pemprov DKI Bikin Regulasi Bagi Komunitas yang Ingin Bersepeda

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini