Wacana Ganjil-Genap di Tengah Pandemi, Polisi: Jangan Sampai Ada Penumpukan di Transportasi Umum

Ari Sandita Murti, Sindonews · Jum'at 04 Juni 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 338 2420095 wacana-ganjil-genap-di-tengah-pandemi-polisi-jangan-sampai-ada-penumpukan-di-transportasi-umum-AnfMGf4162.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Dishub DKI Jakarta tengah mewacanakan penerapan sistem ganjil-genap (Gage) di Ibu Kota di tengah pandemi Covid-19 yang belum dapat dikendalikan. Polisi pun menyarankan agar moda transportasi dilengkapi dahulu sebelum Gage diterapkan.

Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Rusdy Pramana mengingatkan agar kebijakan tersebut tak mengakibatkan penumpukan penumpang yang berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Menurutnya, saat aturan Gage kembali diterapkan, akan ada perpindahan moda transportasi lantaran masyarakat yang tadinya menggunakan moda transportasi pribadi bakal beralih ke moda transportasi umum.

"Jadi, memang harus dilihat kesiapannya bagaimana, jangan sampai ada penumpukan di moda transportasi umum," ujarnya, Jumat (4/6/2021).

Baca juga: Dishub DKI Buka Peluang Terapkan Kembali Ganjil-Genap

Ia menilai, perlu ada kajian lebih lanjut soal penerapan sistem Gage di DKI Jakarta. Rusdy membenarkan bahwa Jenderal Sudirman-MH Thamrin memang bisa diterapkan Gage lantaran adanya moda transportasi umum seperti MRT dan Transjakarta. Namun, sejumlah kawasan lainnya masih perlu kajian lebih dalam lantaran belum lengkapnya sarana dan prasara transportasi umum.

"Kami sarankan, rekomendasi manakala diterapkan kembali ganjil-genap pada masa pandemi ini perlu diperhatikan juga kelengkapan sarana dan prasarana moda transportasi angkutan umum," ujarnya.

Baca juga: Ini Alasan Uji Coba Jalur Road Bike JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini