Roy Suryo Laporkan Dua "BuzzeRp" ke Polisi Terkait Kasus Kecelakaan

Ari Sandita Murti, Sindonews · Jum'at 04 Juni 2021 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 338 2420248 roy-suryo-laporkan-dua-buzzerp-ke-polisi-terkait-kasus-kecelakaan-wy3hpGNeo3.jpg Roy Suryo laporkan dua orang ke Polda Metro Jaya (Foto: Ari Sandita)

JAKARTA - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo melaporkan Eko Kuntadhi dan Mazdjo Prey ke Polda Metro Jaya. Mereka dilaporkan karena mengunggah video yang menceritakan kasus kecelakaan Roy Suryo dengan Lucky Alamsyah beberapa waktu lalu.

Adapun video itu dinilai berisi fitnah dan pemutarbalikan fakta dari kejadian sebenarnya. "Hari ini saya terpaksa melapor lagi karena ada seorang buzzeRp, saya tak menyebut pegiat sosial atau Youtuber karena buzzeRp ini mengunggah di akun Youtube dengan nama @Pra-Kontro 2045," ujar Roy Suryo pada wartawan, Jumat (4/6/2021).

Baca Juga:  Diperiksa Terkait Laporannya ke Lucky Alamsyah, Roy Suryo Dicecar 23 Pertanyaan

Menurutnya, video berdurasi 18 menit 8 detik yang diunggah akun Youtube & Pra-Kontro 2045 TV itu berjudul E.K dan M.P dewa panci Roy Suryo bikin ulah lagi. Video itu diunggah pada 29 Mei 2021 lalu, yang mana sudah ditonton oleh lebih dari 227 ribu orang.

"Saya waktu itu tak sengaja melihat, kami ingin mendokumentasikan berita kasus LA sebelumnya, kebetulan ada tayangan ini. Jadi, sudah banyak yang menonton, dia sudah pasti mendapatkan keuntungan dari tayangan ini," tuturnya.

Dia menerangkan, laporan itu dibuat lantaran videonya berisi konten tak mendidik masyarakat Indonesia, hanya berisi caci maki, dan fitnah serta tak memberikan citra baik untuk Youtuber ataupun pegiat sosial. Video itu menceritakan kejadian kecelakan lalu lintas antara dia dan LA, hanya saja ceritanya versi si pengunggah belaka.

"Bahkan, dia sengaja menyebut beberapa kasus lain, yang mana kasus itu dia putarbalikan seluruhnya. Dia menyebut kasus panci, dia juga menyebut hal salah, soal rawan setan, yang rawan setan dia sebutkan di kota Malang, itu salah besar dan peristiwanya tak seperti itu," ujarnya.

Baca Juga:  Roy Suryo dan 3 Saksi Diperiksa Terkait Laporannya ke Lucky Alamsyah

Dia mengungkapkan, kasus panci itu berkaitan tuduhan penggelapan barang Kemenpora, yang mana kasus itu sejatinya sudah inkrah sejak 29 Mei 2019 silam. Bahkan, Menpora penggantinya sempat menggugatnya di PN Jakarta Selatan terkait hal itu, faktanya kasus itu terbukti hoaks dan tak ada penggelapan barang. Alhasil, gugatan yang dilakukan Menpora penggantinya pun dicabut lagi.

"Jadi sudah dua tahun lalu dan itu masih disebutkan lagi oleh saudara E.K saudara M.P ini dalam kasusnya dia (unggahannya). Jadi, banyak sekali hal yang dia sebut dalam video ini, bahkan dia berusaha untuk lari dari tanggung jawab karena dia nyebut, saya tak sebut nama, saya sebut RS," imbuhnya.

Faktanya, tambahnya, sejauh pengamatannya dalam video itu, buzzerp tersebut justru menyebut nama Roy Suryo sebanyak 33 kali secara jelas. Maka itu, dia pun melaporkan perbuatan keduanya ke polisi dan laporannya pun telah diterima SPKT Polda Metro Jaya.

"Maka itu, saya didampingi pengacara saya, Mas Pitra Romadoni hari ini melaporkan Eko Kuntadhi dan Mazdjo Prey ini ke Polda Metro Jaya dengan bukti surat tanda bukti lapor bernomor LP/B/2865/VI/2021/SPKT PMJ tertanggal 4 Juni 2021 terkait penghinaan, fitnah, pencemaran nama baik, dan pemutarbalikan fakta. Pasal 27 Ayat (3) Jo Pasal 45 Ayat (3) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE, dan KUHP Pasal 310, 311," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini