Usai Pulang Kampung, 32 Santri Pesantren di Bogor Positif Covid-19

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 05 Juni 2021 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 338 2420737 usai-pulang-kampung-32-santri-pesantren-di-bogor-positif-covid-19-Zl0U3rpQig.jpg Santri di Pesantren di Bogor, Jawa Barat terpapar Covid-19 (Foto: Putra R)

BOGOR - Sebanyak 32 santri pondok pesantren di Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat positif Covid-19 berdasarkan hasil swab antigen. Diduga mereka terpapar usai pulang dari kampung halaman.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kasus tersebut berawal dari swab antigen massal yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bogor melalui Puskesmas pada 4 Juni 2021. Tes massal itu dilakukan karena pondok pesantren tersebut sedang mempersiapkan untuk pembelajaran tatap muka.

"Saya dapat laporan kemarin, bahwa ada satu ponpes di Bogor Selatan yang akan menyelenggarakan tatap muka. Karena santrinya banyak jumlahnya 398 dan pengurus 55, maka diputuskan untuk swab antigen di sana. Kemudian dari wab itu tanggal 4 juni itu ada 32 santri yang hasilnya positif," kata Bima, kepada wartawan di Balai Kota Bogor, Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga: Masyarakat Diminta Waspadai Gejala Long Covid-19

Dari puluhan santri yang positif, 24 orang di antaranya sudah diisolasi di Pusdiklat BPKP Ciawi. Sedangkan, 8 orang lainnya menjalani karantina mandiri di rumah.

"Ada dugaan bahwa mereka terpapar itu saat pulang kampung. Karena mereka ada yang dari luar Pulau Jawa. Dari Pulau Jawa juga ada," ungkap Bima.

Satgas Covid-19 Kota Bogor, lanjut Bima, tengah melakukan upaya mencegah penularan semakin meluas dengan meniadakan seluruh aktivitas di dalam pesantren. Termasuk, akan menggelar swab PCR terhadap seluruh santri dan pengurus.

"Walaupun sekarang mereka negatif antigennya, tetap prokes, tidak lepas masker, tidur jaga jarak dan dibatasi aktivitas. Tidak ada aktivitas," tutupnya.

Baca Juga: Berawal dari Ziarah dan Kupatan, Kudus Jadi Zona Merah Covid-19

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini