Wagub Ariza: Kami Tak Bermaksud Menganakemaskan Road Bike

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Senin 07 Juni 2021 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 338 2421606 wagub-ariza-kami-tak-bermaksud-menganakemaskan-road-bike-atQPAsxCQw.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah bermaksud untuk menganakemaskan pesepeda road bike yang akan diberikan jalur khusus di Ibu Kota.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa pihaknya memiliki peranan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warganya. Salah satunya, kata dia, dengan cara menciptakan jalur road bike karena jumlah pesepeda balap itu meningkat secara signifikan selama pandemi Covid-19.

"Terkait road bike seperti yang sudah disampaikan oleh Kepala Dinas dimulai Senin depan, tidak ada maksud dari kami Pemprov DKI untuk menganakemaskan road bike. Tugas kami Pemprov DKI memberikan pelayanan terbaik untuk semua warga, komunitas, cabang olahraga. Memang sejak pandemi ada peningkatan pengguna sepeda baik road bike maupun non road bike," kata Ariza, sapaan akrabnya, Senin (7/6/2021).

"Ada peningkatan yang luar biasa maka kita memberikan penambahan jalur, kita bermaksud menganakemaskan siapapun, semua kita layani sebaik mungkin sesuai UU dan regulasi yang ada," imbuhnya.

Baca juga: Catat! Besok Dishub DKI Mulai Uji Coba Road Bike di Jalan Sudirman-Thamrin

Ia menambahkan bahwa Pemprov DKI telah memiliki rencana untuk memperluas jalur sepeda guna memberikan pelayanan terbaik bagi setiap warganya. "Pak Gubernur sudah sejak awal sejak bersama Mas Sandi memperluas, memperlebar jalur sepeda. Belakangan ada keinginan dari temen-temen sepeda road bike untuk mendapatkan kesempatan nah sekarang kita uji coba," ujar Riza.

Ia menambahkan, pihaknya menerima segala kritik dan saran dari masyarakat mengenai jalur road bike ini. Dia memastikan Pemprov DKI akan menyerap setiap masukan dan saran yang disampaikan semua pihak.

"Silakan semua masyarakat komunitas semua pro dan kontra bisa berdiskusi, berdialog, kita keluarkan demokrasi kita. Kota Jakarta milik kita bersama, semua bisa memberikan kritis, saran, maupun rekomendasi apapun," tutur dia.

Baca juga: Satu RT di Semper Barat Lockdown, Wagub Akui Ada Peningkatan Penularan Covid-19

Menurut dia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk memberikan keputusan terbaik melalui aturan dalam Kepgub yang akan diterbitkan dalam waktu dekat.

Ia pun berharap kedepannya sepeda bisa menjadi alat transportasi di Jakarta dan bisa meningkatkan prestasi di bidang olahraga.

"Ya tentu nanti kedepannya selain menyehatkan, untuk rekreasi, mudah-mudahan suatu saat nanti bisa meningkatkan prestasi olahraga bersepeda, kita harapkan sepeda menjadi alat media olahraga bahkan di Jakarta mudah-mudahan sepeda bisa jadi alat transportasi," tandasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini