Didampingi Dirut Telkom, Anies Pantau Proses PPDB di Disdik DKI

Komaruddin Bagja, Sindonews · Selasa 08 Juni 2021 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 338 2421756 didampingi-dirut-telkom-anies-pantau-proses-ppdb-di-disdik-dki-Kvq9rO3W1p.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto : Sindo)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta Tahun Pelajaran 2021-2022 saat menyambangi menyambangi kantor Dinas Pendidikan di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (8/6/2021) pagi. Sidak tersebut terkait keluhan masyarakat mengenai problem saat mengikuti PPDB.

Dalam kegiatannya itu, Anies didampingi jajarannya serta Dirut Telkom Ririek Adriansyah.

"Pagi ini kami di jajaran Pemprov DKI Jakarta Dinas Pendidikan, Disdukcapil, Diskominfotik hadir bersama juga tim dari Telkom, dipimpin langsung oleh Dirut Telkom Pak Ririek Adriansyah. Pagi ini kita melakukan langkah-langkah untuk merespons problem yang sempat muncul dan dirasakan para siswa, para orangtua, yang mengikuti PPDB di Jakarta," kata Anies kepada wartawan, Selasa (8/6/2021).

Mantan Mendikbud itu menyebutkan, masalah yang muncul pada hari pertama pembukaan PPDB DKI yakni adanya kendala teknis.

"Poin pertama, kita menyadari ada masalah pada pengajuan akun pendaftaran itu disebabkan ada kendala teknis pada aplikasi yang alhamdulillah sore kemarin sudah selesai," tuturnya.

Masalah kedua, kata Anies, adalah sinkronisasi data. "Alhamdulillah problem kedua teratasi, tim bergerak cepat, dan sudah tertangani," ucapnya.

"Pendaftar yang diantisipasi untuk mengikuti PPDB sekitar 300 ribu itu diperkirakan ada pembukaan akun sekitar 300 ribu sampai dengan tadi pagi angkanya 70 ribu. Pada saat ini sekitar jam 9.30 sudah lebih dari 150 ribu," tutur Anies.

Baca Juga : PPDB Error, Pemprov DKI Akui Ada Masalah dan Minta Maaf

Artinya sudah lebih dari separuh potensi pendaftar sudah mendapatkan akun untuk pendaftaran. Anies optimisti proses PPDB DKI ini akan bisa berjalan dengan baik sampai tuntas.

"Jadi kami semua di sini all out, mengerahkan semua sumberdaya memastikan sistem berjalan baik. Para orangtua, anak-anak yang mendaftar untuk belajar bisa mendaftar dengan tenang. Saya ingin pastikan kepada warga Jakarta bahwa kami akan melakuukan yang kita bisa lakukan untuk membuat ibu bapak dan adik-adik semua tenang," katanya.

Karena itu, apabila kemarin ada gangguan dari sistem kemudian tidak dapat digunakan sementara waktu, durasi pendaftaran akan ditambahkan. Seingga tidak ada yang kehilangan kesempatan semua akan mendapat kesempatan yang sama.

Baca Juga : Situs PPDB Error, Disdik DKI Curhat

"Problem yang kemarin muncul, adalah bagian dari pengembangan yang sedang dilakukan. Dilakukan upgrade sehingga masyarakat dapat mengisi pendaftran, melakukan revisi. Tetapi, konsekuensinya itu beban menjadi lebih besar dan alhamdulillah itu sekarang sudah tertangani dengan baik. Kita akan lakukan penyesuaian kita pasitkan ini berjalan dengan baik dan kita mengedepankan unsur kesetaraan keadilan, soal waktu ada waktu ekstra," tutur Anies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini