Pemprov DKI Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Usia 18 Tahun ke Atas

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Rabu 09 Juni 2021 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 338 2422488 pemprov-dki-mulai-vaksinasi-covid-19-untuk-usia-18-tahun-ke-atas-UGqpP1TcL3.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah menerapkan vaksin Covid-19 untuk usia 18 tahun ke atas.

"Jadi terkait vaksinasi, alhamdulillah sampai hari ini prosesnya berjalan dengan baik" tutur Riza, Rabu (9/6/2021).

Ia menuturkan, pihaknya berkoordinasi dengan Kemenkes guna menerapkan vaksin untuk usia 18 tahun ke atas. "Ya Insya Allah kami akan mengatur Dinas Kesehatan akan mengatur vaksinasi umur di atas 18 tahun tentu seperti kebijakan pemerintah pusat Kemenkes," ujar Riza.

Baca Juga: Kemenkes: 400 ribu Vaksin AstraZeneca di Jakarta Kedaluwarsa pada Akhir Juni

Ia mengatakan, bahwa segala elemen masyarakat yang bekerja untuk fasilitas publik akan menerima vaksin secara merata. "Bagi tenaga kesehatan, tenaga pendidikan bagi mereka yang bertugas di area-area publik seperti di pelabuhan di bandara di terminal di halte dan sebagainya kemudian juga yang lansia atlet semua," tutur Riza.

Adapun ia memberikan tanggapan mengenai tidak mudah bagi pemerintah Indonesia untuk mendapatkan vaksin karena vaksin dibutuhkan oleh seluruh dunia. "Ya itu sudah dipahami oleh kami memang satu sisi tidak mudah bagi setiap negara atau indonesia untuk mendapatkan vaksin," ucap Riza.

Ia menuturkan, bahwa vaksin yang sudah diperoleh harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Indonesia. "Di sisi lain ketika kita juga mendapatkan kita memiliki keterbatasan waktu karena ada batas kadaluarsa dan kita harus mengerahkan seluruh potensi yang ada," kata Riza.

Baca Juga:  Pemprov DKI Klaim Vaksin AstraZeneca Aman, Manfaatnya Lebih Besar daripada Risiko

Ia mengatakan, Pemprov DKI telah menyediakan tenaga kesehatan yang mumpuni dan fasilitas kesehatan yang memadai.

"Alhamdulillah di DKI Jakarta kita memiliki faskes yang baik tenaga kesehatan yang banyak dan berbagai dukungan fasilitas lainnya insya allah nanti di Jakarta seperti di laporan yang disampaikan setiap hari kita memenuhi target bahkan melebihi target dari yang kita targetkan."

"Jadi begitu yah kita vaksinasi tidak ada masalah dukungan fasilitas kesehatan dukungan vaksinator kapasitas penyuntikan juga besar dan total vaksin yang sudah kami terima 4,6 juta dosis vaksin," ujar Riza.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini