Bertambah 50, Kasus Covid-19 di Gerendeng Tangerang Jadi 80 Orang

Isty Maulidya, Okezone · Rabu 09 Juni 2021 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 338 2422582 bertambah-50-kasus-covid-19-di-gerendeng-tangerang-jadi-80-orang-mVPMNXEBol.jpg Klaster Covid-19 di Gerendeng, Karawaci, Tangerang (Foto: Isty Maulidya)

TANGERANG - Jumlah warga yang positif Covid-19 di RW 11 Kelurahan Gerendeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten bertambah sebanyak 50 orang pada Rabu (9/6/2021).

Bertambahnya jumlah kasus Covid-19 didapat setelah Tim Satgas Covid-19 melakukan tracing terhadap warga di dua lingkungan RT yaitu RT 2 dan RT 3. Sehingga saat ini total keseluruhan warga yang terpapar Covid-19 berjumlah 80 orang.

"Per-hari ini bertambah 50 kasus baru, dari hasil tracing terhadap kurang lebih 300 warga," ujar Camat Karawaci, Wawan Fauzi saat dikonfirmasi.

Baca Juga:  Promo BTS Meal Picu Kerumunan, Seluruh Gerai McD di Jakbar Ditutup Sementara

Wawan menyebutkan 45 warga tersebut dinyatakan positif melalui test swab antigen, dan langsung dibawa ke Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT). Sementara itu, beberapa warga menjalani isolasi mandiri di rumah karena satu keluarga dinyatakan positif Covid-19.

"Baru swab antigen, selama di RIT akan dites lagi. Ada 6 org isoman, mereka satu keluarga, sebagian besar di bawa ke RIT di Puskesmas Panunggangan Barat dan Gebang Raya," lanjutnya.

Sementara itu, Lurah Gerendeng Nasron A Mufti mengatakan tracing akan terus dilakukan di lingkungan RT 2 dan RT 3 hingga tuntas. Sementara untuk RT 1 dan RT 4 belum diprioritaskan karena jaraknya yang terpisah.

"Tracing akan terus dilakukan sampai benar-benar clear di 2 RT saja karena memang banyak saudara dan kerabat di dua RT itu, dua RT lainnya terpisah," ujar Nasron.

Baca Juga:  Satgas Covid: Pulau Jawa Sumbangkan 52,4% Kasus Nasional Pasca Idul Fitri

Nasron menduga klaster Covid-19 di RW 11 tersebut disebabkan oleh warga yang pulang mudik namun tidak melapor. Terlebih di lingkungan tersebut mayoritas adalah keluarga besar yang setiap hari bertemu dan berinteraksi.

"Salah satunya klaster mudik, setelah penyekatan, mereka colongan mudik karena tidak ada laranga mudik. Bukan itu saja, pertemanan, anak-anak main, banyak faktornya Bukan hanya mudik saja," lanjutnya.

Sebelumnya diketahui lingkungan RW11 Kelurahan Gerendeng, Kecamatan Karawaci dilakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau lockdown karena puluhan warganya terkonfirmasi positif Covid-19. Situasi saat ini, lingkungan tersebut terpantau sepi karena puluhan warga yang terpapar sudah diangkut ke Rumah Isolasi Terkonsentrasi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini