Covid-19 Naik Drastis, Anies: Jangan Sampai Jakarta Masuk Fase Genting!

Jonathan Nalom, MNC Media · Minggu 13 Juni 2021 22:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 13 338 2424547 covid-19-naik-drastis-anies-jangan-sampai-jakarta-masuk-fase-genting-FhsoknxyUi.jpg Anies Baswedan. (Foto: Jonathan Nalom)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan perlunya penanganan ekstra guna mencegah Jakarta memasuki fase genting penularan Covid-19. Jakarta tengah mengalami kenaikan kasus corona hingga 50% pada pekan ini.

"Kita semua harus sadar bahwa Ibu Kota dalam kondisi yg memerlukan perhatian ekstra. Bila kondisi sekarang tidak terkendali, kita akan masuk fase genting." kata Anies, Minggu (13/06/2021).

Baca juga: Jakarta Hadapi Varian Baru Covid-19, Anies: Uji Coba Sekolah Jalan Terus

Anies memimpin apel bersama penanganan Covid-19, di Lapangan Blok S Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Anies menegaskan bahwa pihaknya akan mengambil langkah drastis jika Jakarta memasuki fase genting. Penanganannya berkaca pada kondisi Jakarta pada periode genting sebelumnya.

"Bila fase genting itu terjadi, kita harus ambil langkah drastis seperti September dan Februari lalu. Jika fase itu masuk, kita akan melakukan pengetatan ekstra." ucap Anies.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak 50%, Anies Minta Petugas Tindak Tegas Pelanggar Prokes

Meski begitu, Anies berharap kondisi genting tersebut tidak terjadi. Sebagai antisipasi, Anies mengajak seluruh komponen masyarakat terus meningkatkan kedisiplinan dalam melakukan pencegahan Covid-19. 

"Kita ingin peristiwa itu tidak berulang, untuk enggak berulang, dua-duanya harus bekerja bersama. Unsur warga, pemerintah dan penegak hukum, dua ini harus kerja bersama, masyarakat melaksanakan 3M dan kita melakukan 3T." pesan Anies. 

Kepada jajaran penegak hukum, Anies meminta bekerja lebih masif dan berkomitmen. Hal ini demi menegakkan kebijakan dengan tegas terhadap para pelanggar protokol kesehatan (prokes).

"Meningkatkan jumlah aktivitas operasi, memastikan semua titik yang jadi tempat berkerumun, tempat berkegiatan ditertibkan, seluruh operasi harus mengikuti jam operasi yg telah ditentukan dalam Pergub yg tiap 2 minggu kita lakukan perpanjangan,” pinta Anies.

"Harap ini dilaksanakan sebaik-baiknya, jalankan dengan sepenuh hati, jalankan dengan komitmen tinggi,” pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini