Kejar Herd Immunity, 2,9 Juta Warga Jakarta Sudah Divaksin

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 14 Juni 2021 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 338 2424897 kejar-herd-immunity-2-9-juta-warga-jakarta-sudah-divaksin-0hzfHtOcm5.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MNC Portal/Refi Sandi)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus sudah memvaksinasi 7,5 juta penduduk pada akhir Agustus 2021. Gubernur DKI, Anies Baswedan membenarkan hal itu merupakan targetnya.

"Iya betul, jadi memang itu target kami bahwa di Jakarta akan dilakukan kegiatan vaksinasi. Insya Allah per hari kita menargetkan 100.000 rata-rata sehingga di akhir bulan Agustus akan ada 7,5 juta warga DKI Jakarta yang sudah mendapatkan vaksinasi," tutur Anies saat jumpa pers di Kantor PMI DKI Jakarta, Senin (14/6/2021).

Kemudian, mantan Mendikbud itu memaparkan, saat ini di Jakarta, vaksinasi telah mencapai angka 2.890.000 orang atau hampir 3 juta. Masih kurang 4,5 juta untuk memenuhi target.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Melonjak, Anies Siapkan Rusun Nagrak di Cilincing

"Dengan penambahan angka itu akan tercapai angka 7,5 juta dari situ kita bisa berada dalam situasi Insya Allah herd imunnity. Jadi bisa dibilang saat ini sudah 2,9 juta yang sudah divaksin 100 ribu lagi jadi target di akhir bulan Juni ini 3 juta sekarang tinggal 100 ribu lagi untuk mencapai target itu," tuturnya.

Lebih lanjut Anies mengatakan, untuk kaum lanjut usia (lansia) di Jakarta sudah 72 persen sudah mendapatkan vaksin. Oleh karena itu, kata dia, meskipun ada gelombang yang tinggi, tingkat kematian rendah. "Karena banyak orang tua yang resiko terpapar tinggi sudah mendapatkan vaksin sehingga tidak mengalami gejala yang berat," ujarnya.

Anies mengatakan, rumah sakit di Jakarta kapasitasnya atau BOR tingkat keterisian yang untuk Covid adalah 75 persen. Dari angka itu 27 persen adalah pasien dari luar Jakarta. Jadi, setiap ada 4 pasien maka 1 dari luar Jakarta.

Baca Juga : Anies Bekerja dari Pagi hingga Malam, Netizen: Semangat Pak Gub!

"Kami tidak membedakan kami memberikan pelayanan yang sama untuk semuanya. Tapi, saya ingin garis bawahi, yang dikelola di rumah sakit di Jakarta bukan hanya warga Jakarta, tetapi juga warga luar Jakarta." tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini