Polisi Tangkap 3 Pemuda Peracik dan Pemasok Tembakau Sintetis

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 15 Juni 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 338 2425602 polisi-tangkap-3-pemuda-peracik-dan-pemasok-tembakau-sintetis-egJPfvftlu.jpg Polisi tangkap peracik dan pemasok tembakau sintesis di bogor (foto: MNC Portal/Putra RA)

BOGOR - Satnarkoba Polres Bogor membongkar praktik industri rumahan tembakau sintetis yang beromset puluhan juta rupiah. Ada tiga tersangka yang diamankan berikut barang buktinya.

Kasat Narkoba Polres Bogor, AKP Eka Chandra mengatakan tiga tersangka itu masing-masing berinisal MO (22), IA (25) dan RJ (24). Mereka ditangkap di rumah kontrakanya di Kota Bogor.

"Tersangka MO berperan sebagai pengedar, IA sebagai peracik dan RJ pemasok bahan baku," kata Eka, kepada wartawan, Selasa (15/6/2021).

Baca juga:   Bongkar Industri Tembakau Sintetis Rumahan di Bogor, Polisi Tangkap Kakak-Adik

Mereka memasarkan tembakau sintetis melalui Instagram dengan nama akun VEGETARIAN.IDN. Begitu pula dengan bahan baku untuk meracik didapat melalui online dari dalam atau luar negeri. "Jualnya dengan sistem tempel," tambahnya.

Baca juga:  Polisi Tangkap 2 Pengedar Tembakau Sintesis

Kepada polisi, para tersangka mengaku baru menjalankan bisnis tersebut sekitar 2 bulan. Dengan keuntungan mencapai Rp20 juta per kilogramnya.

"Barang buktinya 2,2 kilogram tembakau sintetis, timbangan digital dan gelas neraca," jelas Eka.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka itu dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) dan atau Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman pidana penjara seumur hidup dan denda maksimal Rp10 miliar.

"Kita akan terus tekan peredaran narkotika di wilayah Bogor," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini