10 Preman Pemalak Sopir di Pasar Tanah Abang Belum Ditetapkan Tersangka

Komaruddin Bagja, Sindonews · Rabu 16 Juni 2021 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 338 2425790 10-preman-pemalak-sopir-di-pasar-tanah-abang-belum-ditetapkan-tersangka-xa0jyWw55T.jpg Polisi tangkap 10 preman Tanah Abang (Foto: Antara)

JAKARTA - Polsek Tanah Abang menangkap para preman yang kerap memalak sopir pengangkut barang dagangan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Ada 10 orang yang kami tangkap di kawasan Blok F Pasar Tanah Abang," kata Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan, Rabu (16/6/2021).

Para preman itu kerap menghalangi para pedagang maupun kurir yang membawa barang dagangannya. Adapun para sopir dikenakan pungutan liar (pungli) Rp5-10 ribu oleh preman.

Jika tak memberi uang, para sopir bakal dihalangi untuk melintas sehingga memicu kemacetan lalu lintas di lokasi. "Selama ini pada sopir terpaksa pada memberi," ujar Singgih.

Baca juga: Ini Modus 10 Preman Tanah Abang yang Ditangkap Polisi

Singgih belum memastikan berapa keuntungan yang didapat para preman itu setiap harinya. Jika sehari ada 10 mobil saja, mereka bisa mendapatkan Rp100 ribu.

"Mereka menyusahkan sopir. Kan ini nggak wajar apalagi ada parkiran di sana," imbuh Singgih.

Para preman itu, kata Singgih, kini masih diperiksa dan menentukan status hukum mereka. Penyidik belum menetapkan tersangka kepada para preman tersebut lantaran belum adanya laporan dari korban sopir truk.

Baca juga: Palak Sopir Truk, Puluhan Preman Ditangkap di Tanah Abang

Singgih menegaskan bahwa pihaknya akan membina para preman Pasar Tanah Abang agar tak melakukan hal serupa dikemudian hari.

Ia pun meminta para sopir untuk berani melaporkan ke polisi jika mendapatkan perlakuan serupa dari para preman tersebut. "Nanti akan kami proses hukum para pelaku pungli itu," tukasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini