Ini Wajah Pria Pakai Pelat Palsu & Mengaku Anggota Propam Polri di Tol Kuningan

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 16 Juni 2021 09:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 338 2425900 ini-wajah-pria-pakai-pelat-palsu-mengaku-anggota-propam-polri-di-tol-kuningan-s2TTXrQ8JI.jpg Pria mengaku sebagai polisi. (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Seorang pengendara mobil berinisial AHH digelandang pihak kepolisian lantaran menggunakan pelat palsu. Pelaku menggunakan pelat itu pada mobil Daihatsu Xenia berwarna putih. Mobil diamankan petugas ke Polda Metro Jaya pada Selasa (15/6) pukul 11.00 WIB. 

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut kendaraan roda empat tersebut melintas di Tol Kuningan arah Semanggi, Jakarta dan melaju pada lajur tiga. 

"Karena dicurigai menggunakan pelat nopol palsu, lalu kita berhentikan," ujar Sambodo kepada wartawan, Rabu (16/6/2021). 

Berdasarkan video singkat di Instagram @forumwartawanpolri, pengendara saat diberhentikan petugas langsung mengeluarkan kartu tanda anggota (KTA) Polri. Selain itu, ia mengaku anggota polisi yang berdinas di Biro Paminal Divisi Propam Mabes Polri. 

Baca juga: Ini Penampakan Sabu Jaringan Timur Tengah Seberat 1,129 Ton

"Karena ada kejanggalan saat diperiksa, untuk memastikan kebenaran yang patut diduga menggunakan identitas palsu. Maka kami arahkan ke Polda Metro untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan," ungkapnya. 

Ketika sudah memasuki kawasan polda, pria itu coba untuk mengambil kunci dan berusaha kabur dari halauan petugas.

"Kami minta bantuan anggota yang piket di depan Mako untuk mengamankan. Kemudian pengemudi dan barang bukti dan kendaraannya kami serahkan ke Piket Jatanras Unit 1," jelasnya. 

Baca juga: Lokasi Samsat Keliling di Jakarta dan Sekitarnya Hari Ini

Terlihat pria tersebut menggunakan kaos berwarna merah, menggunakan kacamata dan ada masker menggantung dilehernya. Ia pun terlihat berusaha menelepon seseorang saat akan dilakukan pemeriksaan. 

"Kamu mengeluarkan KTA," kata salah seorang petugas saat ingin memeriksa AHH dalam video tersebut.  

"Itu komandan saya, ngomong saja itu," celetuk AHH saat memberikan telefon genggamnya kepada polisi. 

"Hallo pak, ini dia mengeluarkan KTA. Anggota kelahiran 68 enggak ada," ujar salah satu petugas.  

"Itu komandan saya, ngomong saja langsung" jawab AHH. 

"Izin ya pak, ini dia mengeluarkan KTA pak. Tapi dia nunjukin KTA ke saya pak," ujar polisi. 

"Saya di Paminal," kata AHH.

Kemudian, untuk mempertanggungjawabkan permasalahannya pria tersebut diserahkan dan ditangani oleh Subdit 4 Unit 1 Jatanras, Polda Metro Jaya. 

"Permasalahan dilimpahkan ke Piket Reskrimum subdit 4 Unit 1 Jatanras." Tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini