Sidang Hari Ini, Habib Rizieq Berikan Jawaban Kedua atas Tangkisan Jaksa

Tim Okezone, Okezone · Kamis 17 Juni 2021 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 338 2426440 sidang-hari-ini-habib-rizieq-berikan-jawaban-kedua-atas-tangkisan-jaksa-K0NhgBWz3Q.jpg Habib Rizieq. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Sidang Habib Rizieq Shihab (HRS) dalam kasus tes swab di RS UMMI kembali dilanjutkan hari ini, Kamis (17/6/2021). Adapun agenda sidang hari ini adalah pembacaan duplik oleh pihak HRS. 

Duplik adalah jawaban kedua dari terdakwa atau pembela sebagai jawaban atas replik Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim). 

Sebelumnya dalam repliknya, Jaksa menganggap pleidoi Habib Rizieq berisi curahan hati yang tidak ada hubungannya dengan pokok perkara.

Baca juga: Fakta-Fakta Replik JPU di Sidang Habib Rizieq Kasus RS UMMI: Isinya Curhatan!

"Rizieq terlalu banyak menyampaikan keluh kesahnya yang hampir tidak ada hubungannya dengan pokok perkara yang sedang disidangkan," kata salah satu jaksa yang membacakan replik di PN Jakarta Timur, Senin 14 Juni 2021.

Jaksa mengaku bingung atas ucapan Habib Rizieq mengenai oligarki anti tuhan atas pembelaannya. Dia menyebut bahwa seluruh warga negara Indonesia telah berketuhanan yang sah.

"Oligarki anti Tuhan, entah ditujukan kepada siapa oligarki anti tuhan tersebut padahal seluruh warga negara berketuhanan dengan sah," jelasnya.

Baca juga: Fakta-Fakta Pleidoi Habib Rizieq di Kasus RS UMMI, Sebut Tuntutan Jaksa Sadis

Jaksa menilai Habib Rizieq tak seharusnya mengutarakan kekesalannya pada persidangan. Sebab dalam sidang apapun yang dikeluarkan harus memiliki dalil argumentasi yang kuat sesuai dengan pokok maslaah.

"Seharusnya terdakwa menguraikan kekesalannya bukan di sini. Jangan berkoar-koar tanpa dalil yang kuat," jelasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini