Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Percepat Pembangunan Dua Waduk di Jakut

Bima Setiyadi, MNC Portal · Kamis 17 Juni 2021 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 338 2426594 antisipasi-banjir-pemprov-dki-percepat-pembangunan-dua-waduk-di-jakut-3PR3056YY2.jpg Pembangunan waduk di Cilincing. (Foto: @kominfotik_ju)

JAKARTA - Pembangunan dua waduk di Jakarta Utara dipercepat Pemprov DKI Jakarta. Pihak terkait melakukan pengecekan di kawasan pembangunan.

Hal itu terlihat dari dua postingan akun Instagram @kominfotik_ju, Rabu (16/6/2021). Dalam postingan itu memperlihatkan kondisi waduk sedang dalam pembangunan.

Baca juga: Didesak Tarik Rem Darurat, Wagub DKI: Masukan Kami Tampung dan Pelajari

"Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan proses pengerukan terus dilakukan,” tulis admin akun tersebut.

Kasatpel SDA Kecamatan Cilincing, Tjahyono Budi Setiawan mengatakan, proses pengerjaan Waduk Blibis di Kecamatan Cilincing menggunakan empat alat berat. Mereka terbagi dalam dua alat di air dan dua lainnya di darat. 

Pembangunan dilakukan sejak 4 Januari 2021.Hingga kini, progres pembangunan disana telah mencapai 57 persen.

Baca juga: Jalankan Instruksi Jokowi, Pemprov DKI Lakukan Upaya Luar Biasa Tangani Covid-19

"Saat ini masih dalam tahap pengepokan. Pengepokan Itu penggesaran lumpur dan tanah yang sudah ada di sana. Nantinya lumpur dan tanah tidak dibuang keluar, melainkan digunakan untuk pembuatan tanggul dan aksebilitas jalan," terangnya. 

Tjahyono menargetkan proses pengerjaan pengepokan akan selesai pada bulan September 2021 mendatang. Diharapkan adanya waduk dapat mengurangi beban air untuk dua kelurahan di wilayah Kecamatan Cilincing, yakni Kelurahan Pegangsaan II dan Kelurahan Sukapura. 

Hal sama juga dilakukan di Waduk Rawa Malang, Semper Timur, Cilincing. Pembangunan waduk disana ditargetkan selesai pada September 2021. Kini pembangunan waduk tersebut telah mencapai 59,3 persen.

Tjahyono berharap, Waduk Rawa Malang dapat menjadi solusi keresahan warga Kampung Sawah. 

"Kita semua berharap dengan dibuatnya waduk ini bisa jadi solusi penampungan air untuk warga Kampung Sawah, karena di saat intensitas hujan tinggi lokasi ini kerap tergenang," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini