Share

Waspada! Varian Delta Covid-19 Muncul di Bekasi

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Kamis 17 Juni 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 338 2426617 waspada-varian-delta-covid-19-muncul-di-bekasi-Ol1vAsRTWk.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEKASI ‚ÄstWarga Bekasi mesti waspada terhadap sebaran Covid-19 di wilayahnya. Sebab, Satgas Covid -19 Kabupaten Bekasi mengumumkan virus corona varian Delta atau B.1617.2 sudah muncul di wilayahnya.¬†

Penularan virus ini dinyatakan lebih cepat dibandingkan virus Corona sebelumnya dan telah muncul di India dan Inggris.

Wakil Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Masrikoh mengatakan, salah satu warganya yang berada di wilayah Utara Bekasi diketahui terpapar virus yang pertama kali ditemukan di India tersebut, setelah menjalani pemeriksaan di Jakarta. 

Baca juga: 21 Orang Civitas Akademika Positif Covid-19, Unsika Karawang Batasi Kegiatan Kampus

‚ÄúKita diberitahu oleh Kemenkes ada warga yang terpapar varian baru,‚ÄĚ katanya.¬†

Saat ini pasien tersebut sedang menjalani perawatan di rumah sakit di Jakarta. Sementara keluarganya menjalani isolasi mandiri di wilayah Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan hasil penelusuran, warga tersebut terpapar setelah datang ke tempat keluarganya di Jonggol, Bogor. Pasalnya, setelah pulang dari Jonggol terkonfirmasi positif dan hasilnya dinyatakan varian baru.

Baca juga: Soal Covid-19, Anies: Kami Sampaikan Apa Adanya Tidak Dikurangi

‚ÄĚDia itu ke tempat keluarganya di Jonggol, balik dari sana terkonfirmasi positif, hasilnya dinyatakan itu varian baru,‚Ä̬†ucapnya.

Untuk memastikan orang tersebut terpapar varian baru, harus dilakukan pemeriksaan di Jakarta. Soalnya, Kabupaten Bekasi belum ada alat untuk melakukan pemeriksaan virus varian baru tersebut.

Masrikoh menambahkan, warga yang terpapar tersebut berjumlah tiga orang yakni suami, isteri dan anaknya. Saat ini, isterinya sedang melakukan isolasi mandiri di wilayah Utara Kabupaten Bekasi. Dan dua orang lagi sedang menjalani perawatan di Jakarta. Sejauh ini, warga tersebut tinggal di Jakarta dan Kabupaten Bekasi. 

Untuk mencegah penularan varian baru ini hasil mutasi virus Covid-19 ini, masyarakat harus menjaga imunitas dan Protokol Kesehatan (prokes) dan tetap menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun. 

‚ÄĚYang paling penting imunnya di jaga, enggak boleh turun. Kalau enggak ada yang penting, lebih baik di rumah saja,‚ÄĚ sarannya.¬†

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini