Preman Pungli di Tanjung Priok Dirikan Badan Usaha Demi Lakukan Pemerasan

Ari Sandita Murti, Sindonews · Kamis 17 Juni 2021 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 338 2426749 preman-pungli-di-tanjung-priok-dirikan-badan-usaha-demi-lakukan-pemerasan-jMyRHKNvXC.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Direskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, ada empat kelompok yang melakukan pungli dan premanisme di luar kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Adapun kelompok itu mendirikan badan usaha, yang mana ada berbadan hukum dan belum berbadan hukum.

"Jadi, ada yang berbadan hukum, ada yang belum berbadan hukum, tapi ada yang berbadan hukum dengan proses berubah, contoh Bad Boy. Awalnya Bad Boy saja kemudian dia buat badan usaha," ujarnya pada wartawan, Kamis (17/6/2021).

Baca juga:  Saat Preman Pemilik Ilmu Kebal Ini Menangis di Hadapan Habib Munzir

Menurutnya, kelompok berbadan usaha tersebut berkedok jasa pengamanan, yang mana sejatinya dia melakukan pemerasan dan perbuatan pidana lainnya. Dia juga membayar para asmoro untuk membuat kemacetan, mencuri, dan merampas barang sopir truk yang ogah memakai jasa pengamannya tersebut.

Baca juga:  Kapolri Ultimatum Bawahannya Berangus Preman dan Pungli Seluruh Indonesia

"Kalau tidak mau diganggu, anda (pengusaha jasa pengiriman barang) tempelin stiker dong, supaya ditempelin stiker harus kasih dong jasa keamanan, seperti itulah kira-kira rantai singkatnya," tuturnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunu menerangkan, polisi tengah mendalami sudah berapa lama mereka beroperasi, hanya saja dilihat dari banyaknya perusahaan pengiriman barang yang digaet diperkirakan mereka sudah beroperasi cukup lama. Diperkirakan pula, masih banyak modus preman pungli lainnya yang serupa, yang mana masih terus didalami polisi.

"Ini baru di permukaan, masih ada kodus lainnya dan akan terus kita lakukan pengejaran. Sebagai pemberitahuan juga tolong perusahan itu segera berhenti, kami akan kejar terus sampai tuntas," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini