Sampah APD Berserakan di Pemakaman Pondok Rajeg, Ini Penjelasan Camat Cibinong

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 19 Juni 2021 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 338 2427811 sampah-apd-berserakan-di-pemakaman-pondok-rajeg-ini-penjelasan-camat-cibinong-HhTCiC7USB.jpg Foto: Instagram/@laradilla.

BOGOR - Camat Cibinong Rusliandy mengonfirmasi keberadaan sampah alat pelindung diri (APD) yang berserakan di area TPU Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, yang viral di media sosial. APD tersebut diketahui milik para petugas pemakaman.

"Iya benar (foto APD berserakan). Sudah diperiksa sama Satpol PP itu punya petugas makam," kata Rusliandy, kepada MNC Portal, Sabtu (19/6/2021).

BACA JUGA: Viral, APD Berserakan di Area Pemakaman Pondok Rajeg 

Rusliandy menjelaskan bahwa APD itu bekas digunakan oleh petugas yang selesai menguburkan jenazah. Usai dipakai petugas makam, APD tersebut memang akan dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Habis dipakai memang mau dimusnakan (dibakar), tapi mereka (petugas makam) istirahat dulu. Jadi APD-nya ditaruh di sekitar situ," jelasnya.

Belum sempat dimusnahkan, kemungkinan ada pengunjung makam yang mengabadikan foto APD tersebut. Sehingga, pengunjung makam menduga sampah APD sengaja dibuang di sembarang tempat.

"Bukan sengaja dibuang. Memang belum sempat dibakar, mungkin ada pengunjung foto (APD). Tapi sekarang sudah dibersihkan," tutup Rusliandy.

BACA JUGA: Limbah APD di Bogor Berasal dari Hotel Isolasi Covid-19 di Tangerang

Seperti diketahui, beredar foto viral di media sosial Instagram terkait APD yang berserakan di area TPU Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Diduga, APD tersebut dibuang sembarangan.

Foto-foto viral APD berserakan itu salah satunya diunggah oleh akun Instagram #bogor24update. Dalam unggahannya, terlihat beberapa APD yang menumpuk dan berserakan di area pemakaman.

"Penampakan bekas APD yang berserakan di TPU Pondok Rajeg. Berdasarkan penuturan @larasdilla saat dia ke makam suaminya, dia melihat bekas APD berserakan di makam. Ada APD bekas yg kotor, Handscoen bertebaran dan sampah plastik. Belum jelas kapan dibuangnya APD itu, namun penuturan pengirim 19 Juni 2021 pagi, APD itu masih berserakan," tulis akun Instagram #bogor24update.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini