Massa Surati PN Jaktim untuk Berikan Vonis Bebas ke Habib Rizeq, Ini Reaksi Polri

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Senin 21 Juni 2021 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 338 2428337 massa-surati-pn-jaktim-untuk-berikan-vonis-bebas-ke-habib-rizeq-ini-reaksi-polri-IxUgQHkbfD.jpg Foto:Ist

JAKARTA – Polres Jakarta Timur meminta pendukung Habib Rizieq Shihab untuk menjaga ketertiban saat menyampaikan surat terbuka ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (21/6/2021).

(Baca juga: Bareskrim Selidiki Paspor Palsu Adelin Lis)

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, polisi tidak akan membubarkan kedatangan pendukung HRS ke Pengadilan Jakarta Timur selagi mentaati protokol kesehatan dengan tidak berkerumun.

"Silahkan selama Majelis Hakim menerima. Terpenting tidak ada pengerahan massa karena masih dalam situasi pandemi," kata Erwin saat dikonfirmasi.

(Baca juga: Viral! Anak Ini Ditampari Ibunya Setelah Pergi dari Rumah 10 Tahun Lalu)

Dijelaskan Erwin, meski tidak ada larangan pihaknya tetap melakukan pengaman di Pengadilan Negeri Jakarta Timur hingga sidang terkahir pada Kamis (24/6/2021) mendatang.

“Kalau pengamanan selalu ada, baik pamdal (Pengadilan Negeri Jakarta Timur) maupun dari Polsek dan Polres," tandasnya.

Sebelumnya Ketua PA 212 Slamet Maarif menyampaikan adanya perwakilan yang mendatangi PN Jakarta Timur untuk memberikan surat terbuka kepada Majelis Hakim. Isi surat terbuka itu yakni meminta Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis bebas kepada Habib Rizieq Shibab, Hanif Alatas, dan dr Andi Tatat.

Menurut Maarif tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) kepada ketiga terdakwa yang disangkakan melanggar pasal 14 ayat 1 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana merupakan kriminalisasi hukum dan sarat muatan politis.

"Merasa terusik dengan proses hukum yang dialami Habib Rizieq Shihab, Habib Hanif Alattas, dan dr. Andi Tatat yang menurut kami dengan upaya kriminalisasi bermotif politik," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini